Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Cara Menyetel Ketinggian Dan Jarak Bebas Pedal Kopling

Posting Komentar

Cara Menyetel Pedal Kopling - Kopling merupakan salah satu bab kendaraan yang mesti ditangani perawatan dan penyetelan. Penyetelan ketinggian pedal kopling ini sungguh penting untuk ditangani mudah-mudahan tata cara kopling sanggup melakukan pekerjaan dengan baik. Lalu bagaimana cara menyetel ketinggian pedal kopling yang benar?

Kopling pada kendaraan beroda empat memiliki peranan yang sungguh penting yakni untuk menolong akomodasi pengemudian dan mengontrol perpindahan gigi transmisi selama berkendara. Kopling ini berfungsi untuk tentukan putaran dari mesin mudah-mudahan perpindahan gigi sanggup dengan gampang dilakukan.

Kinerja yang berat dan mesti menahan gaya gesek yang sungguh besar mengakibatkan setelan kopling lambat laun akan mengalami perubahan. Perubahan ini apabila tidak ditangani penyetelan maka akan mengakibatkan kerusakan pada tata cara kopling. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan cara menyetel ketinggian pedal kopling pada kendaraan.

Cara Menyetel Ketinggian Pedal Kopling

Ada beberapa cara yang sanggup ditangani untuk menyetel ketinggian pedal kopling. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan perihal cara menyetel ketinggian pedal kopling.

A. Cara Menyetel Ketinggian Pedal Kopling

Hal pertama yang ditangani untuk menyetel kopling dengan benar merupakan dengan menyetel ketinggian pedal kopling. Ketinggian pedal kopling didapatkan dari pengukuran dasar lantai atau atas karpet dengan ujung pedal kopling.

Ketinggian pedal kopling pada kendaraan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Untuk mendapat ukuran ketinggian pedal kopling terbaik merupakan mengikuti ukuran penyetelan pedal kopling yang terdapat pada manual book. 

Namun apabila tidak mengenali pedal kopling sanggup ditangani penyamaan dengan kriteria ketinggian pedal kopling. Pada biasanya standar ketinggian pedal kopling merupakan 159,2 - 169, 2 mm. Namun ukuran ini diubahsuaikan dengan keperluan pengemudi itu sendiri.

Cara menyetel ketinggian pedal kopling merupakan selaku berikut:

  1. Mempersiapkan alat yang diperlukan untuk menyetel ketinggian pada pedal kopling biasanya menggunakan kunci pas ukuran 12 da 14. 
  2. Memperhatikan letak baut penyetel ketinggian pedal kopling 
  3. Memutar baut pengunci ke arah kiri mudah-mudahan baut penyetel gampang untuk diputar.
  4. Memutar baut penyetel pedal kopling kearah kiri untuk memperbesar ketinggian pedal kopling dan memutar kekanan untuk menghemat ketinggian pedal kopling. Untuk lebih gampangnya sesuaikan dengan ketinggian pedal rem. 
  5. Setelah mendapat ketinggian pedal kopling yang cocok atau pas maka baut pengunci mesti kembali dikencangkan mudah-mudahan baut penyetel tidak kembali berubah.
    Kopling merupakan salah satu bab kendaraan yang mesti ditangani perawatan dan penyetela Mengenal Cara Menyetel Ketinggian Dan Jarak Bebas Pedal Kopling

B. Cara Menyetel Jarak Bebas Pedal Kopling

Setelah menertibkan ketinggian pedal kopling maka diperlukan penyetelan jarak bebas pedal kopling. Hal ini berniat mudah-mudahan kampas kopling tidak cepat habis alasannya bergesekan dengan flywheel. Selain jarak bebas pedal kopling berniat selaku toleransi apabila kaki tidak sengaja menginjak pedal kopling. Dengan begitu kopling tidak akan melakukan pekerjaan apabila jarak efektif pedal kopling belum terpenuhi. 

Untuk mendapat kriteria jarak bebas pedal kopling yang terbaik merupakan dengan membuka pada manual book kendaraan. Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan ukuran jarak bebas pada pedal kopling. Namun untuk ukuran standar jarak bebas pedal kopling biasanya berkisar pada 15-25 mm.

Untuk menyetel jarak bebas pedal kopling mesti diubahsuaikan dengan jenis tata cara kopling yang digunakan. Tentunya tata cara kopling dengan hidrolik berlainan dengan tata cara kopling mekanik. Untuk lebih jelasnya berikut cara menyetel jarak bebas pedal kopling.

#Cara Menyetel Jarak Bebas Pedal Kopling Tipe Hidrolik

  1. Mempersiapkan alat yang dipakai yakni kunci pas ukuran 8 atau 10
  2. Memperhatikan posisi baut penyetel pedal kopling hidrolik
  3. Memutar batang pendorong hidrolik kopling menggunakan tang. Memutar ke kiri untuk memperbesar jarak bebas pedal kopling dan memutar ke kanan untuk menghemat jarak bebas pedal kopling. 
  4. Apabila sudah mendapatkan jarak bebas pedal kopling yang cocok kencangkan kembali baut penyetel mudah-mudahan jarak bebas pedal kopling tidak berubah.
    Kopling merupakan salah satu bab kendaraan yang mesti ditangani perawatan dan penyetela Mengenal Cara Menyetel Ketinggian Dan Jarak Bebas Pedal Kopling

#Cara Menyetel Jarak Bebas Pedal Kopling Tipe Mekanik

  1. Mempersiapkan alat yang dipakai sesuai dengan keperluan yakni kunci pass 10 atau 12
  2. Memperhatikan baut penyetel jarak bebas garpu pembebas kopling.
  3. Memutar mur ke kiri untuk memperbesar jarak bebas pedal kopling dan memutar kekanan untuk menghemat jarak bebas pedal kopling
  4. Apabila didapatkan kopling mekanikal dengan tipe lain maka untuk penyetelan jarak bebas pedal kopling yakni dengan menawan kabel kopling untuk membebaskan adjusting nut. Setelah bebas putar adjusting nut ke kiri untuk memperbesar jarak bebas pedal kopling dan memutar ke kanan untuk menghemat jarak bebas pedal kopling. 
    Kopling merupakan salah satu bab kendaraan yang mesti ditangani perawatan dan penyetela Mengenal Cara Menyetel Ketinggian Dan Jarak Bebas Pedal Kopling

Diatas merupakan pembahasan perihal cara menyetel pedal kopling pada kendaraan. Pembahasan mulai dari cara menyetel ketinggian pedal kopling dan cara menyetel jarak bebas pedal kopling. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar