Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Perbedaan Proyeksi Amerika Dan Eropa

Perbedaan Proyeksi Amerika Dan Eropa - Dalam membaca gambar teknik terkadang terjadi kebingungan akan perbedaan proyeksi amerika dan eropa. Walaupun tergolong dalam proyeksi orthogonal, tetapi proyeksi amerika dan eropa memiliki beberapa perbedaan. Lalu apa saja perbedaan proyeksi amerika dan eropa?

Proyeksi orthogonal yaitu gambar proyeksi yang bidang proyeksinya memiliki sudut tegak lurus kepada proyektornya atau garis-garis yang memproyeksikan benda-benda kepada bidang proyeksi. Artinya proyeksi amerika dan eropa menggambarkan suatu obyek lewat garis persepsi pada suatu bidang datar. Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan proyeksi amerika dan eropa akan dibahas pada postingan berikut ini.


Perbedaan Proyeksi Amerika Dan Eropa

Terdapat beberapa perbedaan tentang proyeksi amerika dan eropa. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan tentang perbedaan proyeksi amerika dan eropa.

1. Letak Kuadran

Perbedaan pertama tentang proyeksi amerika dan eropa yaitu letak kuadran. Pada suatu proyeksi terbagi menjadi 4 kuadran yang memiliki keistimewaan dan kelemahan masing masing. Setiap kuadran terbagi dari perpotongan antara bidang vertikal dan bidang horisontal sehingga memiliki 4 kuadran.
 
Proyeksi amerika terletak pada kuadran III. Kuadran ini terletak pada sebelah kiri bidang vertikal dan bawah bidang horisontal. Sementara itu, proyeksi eropa terletak pada kuadran I. Pada kuadran I terletak pada samping kanan bidang vertikal dan atas bidang horisontal.

2. Arah Pandangan

Karena memiliki letak kuadran yang berlawanan antara proyeksi amerika dan proyeksi eropa maka arah persepsi kedua proyeksi ini juga berbeda. Pada proyeksi amerika ialah proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya. Tata letak yang serupa dengan arah persepsi menghasilkan proyeksi amerika lebih gampang dipahami.

Sementara itu pada proyeksi eropa memiliki letak bidangnya terbalik dengan arah pandangannya. Walaupun terletak terbalik apabila kita telah mengenali proyeksi amerika maka akan gampang juga mengerti proyeksi eropa. Hal ini dikarenakan tinggal menukar posisi saja.

3. Penggunan Proyeksi

Selain itu penggunaan proyeksi amerika dan eropa juga memiliki perbedaan. Pada proyeksi amerika memiliki penggunaan yang lebih rasional. Oleh sebab itu banyak digunakan Amerika, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Indonesia. Sementara itu proyeksi eropa banyak digunakan pada negara negara Eropa.

4. Simbol

Jika dilihat dari simbol, maka proyeksi amerika dan eropa memiliki perbedaan. Untuk lebih jelasnya tentang simbol proyeksi baik amerika maupun eropa sanggup dilihat pada gambar dibawah ini.
Diatas ialah pembahasan tentang perbedaan proyeksi amerika dan eropa. Semoga memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar