Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal 7 Penyebab Power Window Macet

 Power window merupakan salah satu teknologi untuk memudahkan membuka dan menutup beling Mengenal 7 Penyebab Power Window Macet
Power Window Macet - Power window merupakan salah satu teknologi untuk memudahkan membuka dan menutup kaca. Namun acap kali sering terjadi kerusakan salah satunya yakni macet. Lalu apa saja penyebab power window macet?

Power window memiliki faedah untuk membuka dan menutup jendela kendaraan beroda empat dengan segera dan mudah. Power window sanggup membuka dan menutup cuma dengan menekan saklar. Tentunya dengan hal ini akan memperbesar ketentraman dalam berkendara.

Namun seiring dengan pemakaian dalam rentang waktu yang cukup usang akan timbul banyak sekali permasalahan. Terkadang power window datang tiba macet yang hendak menghasilkan power window tidak sanggup beroperasi secara sempurna. Terkadang beling miring, power window macet sebelah, power window tidak dapat naik, dan lain sebagainya.

Bahkan dalam keadaan tertentu beling tidak dapat terbuka atau tertutup sama sekali. Tentunya hal ini akan membuat banyak sekali permasalahan lain. Untuk lebih jelasnya perihal penyebab power window macet akan dibahas pada postingan berikut ini.

Power Window Macet

Ada beberapa kerusakan yang sanggup memunculkan power window macet. Berikut merupakan pembahasan perihal power window macet.

1. Fuse atau Sekering Putus

Fuse atau sekering merupakan komponen pengaman kelistrikan tergolong kelistrikan power window. Apabila fuse atau sekering power window putus maka tidak ada suplai arus listrik yang mengalir ke motor listrik balasannya power window macet. Dengan kata lain power window tidak dapat membuka atau menutup secara otomatis apabila saklar ditekan.

Sekering atau fuse sanggup didapatkan di fuse box yang terletak di dasboard atau di kap mobil. Hal ini tergantung dengan tipe dan jenis mobil. Didalam fuse box ada pemberitahuan perihal fungsi dari setiap sekering dan untuk power window tinggal mencari fuse power window.

Penyebab fuse atau sekering yang putus dikarenakan terdapat konsleting atau arus berlebihan. Konsleting sanggup terjadi apabila terdapat short circuit pada rangkaian power window. Oleh alasannya merupakan itu perlu investigasi lebih lanjut untuk mengenali kerusakan power window.

2. Relay Power Window Rusak

Relay power window merupakan saklar yang melakukan pekerjaan secara elektronik. Relay ini berfungsi untuk menghubungkan dan menentukan pedoman arus listrik yang mengalir ke saklar power window ataupun motor power window.

Relay terletak berdampingan dengan sekering pada fuse box. Untuk mengenali relay masih anggun atau tidak perlu dijalankan investigasi lebih lanjut menggunakan multimeter dan arus listrik dari baterai.

Namun dalam rentang waktu yang usang maka akan timbul kerusakan. Apabila relay putus baik pada kumparan maupun saklar maka relay tidak sanggup melakukan pekerjaan untuk mengalirkan arus listrik. Akibatnya power window tidak sanggup melakukan pekerjaan untuk membuka atau menutup beling jendela secara otomatis. 

3. Konektor Kendor atau Lepas

Untuk menghubungkan beberapa rangkaian power window memerlukan konektor arus listrik. Konektor ini akan mengalirkan arus listrik antar komponen power window sehingga power window sanggup melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya.

Penyebab power window macet salah satu kemungkinannya merupakan konektor kendor atau lepas. Jika konektor mengalami kerusakan maka arus listrik akan terputus sehingga memunculkan power window tidak sanggup melakukan pekerjaan baik untuk memaksimalkan atau menurunkan beling jendela.

Namun kalau konektor yang terlepas cuma sebelah maka acap kali power window masih sanggup melakukan pekerjaan tetapi cuma sebagian atau sebelah saja. Sementara power window yang lain tidak sanggup melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya.

4. Saklar Power Window Rusak

Saklar power window berfungsi untuk menghubungkan arus listrik ke motor listrik agar power window sanggup bekerja. Apabila saklar ditekan maka beling jendela akan bergerak turun. Sebaliknya saat saklar ditarik maka beling jendela akan bergerak naik.

Namun apabila saklar mengalami kerusakan maka sanggup memunculkan power window macet. Kerusakan saklar power window menyerupai terbakar, kotor, ataupun putus. Namun acap kali tidak semua saklar power window yang rusak. Artinya masih terdapat sebagian power window yang masih sanggup bekerja. Oleh alasannya merupakan itu perlu investigasi lebih lanjut.

Saklar power window yang rusak tidak sanggup meneruskan pedoman arus listrik ke motor power window. Akibatnya motor power window tidak berputar dan prosedur pelopor beling jendela tidak sanggup melakukan pekerjaan untuk memaksimalkan atau menurunkan beling jendela mobil.

5. Motor Power Window Rusak

Rangkaian elektrik pada kendaraan lazimnya menggunakan motor listrik selaku pelopor utama. Rangkaian power window juga menggunakan motor listrik untuk menggerakkan prosedur pengatur beling jendela mobil. Namun apabila motor power window mengalami kerusakan maka akan memunculkan power window macet.

Didalam motor power window terdapat banyak sekali komponen yang sanggup mengalami kerusakan. Namun yang paling kerap mengalami kerusakan merupakan brush atau sikat. Sikat ini berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari komponen statis ke komponen dinamis pada motor listrik sehingga motor listrik sanggup berputar.

Namun dikarenakan motor listrik berputar secara terus menerus maka brush atau sikat menjadi aus. Apabila brush tidak melekat maka arus listrik tidak sanggup tersalurkan pada motor listrik sehingga motor tidak sanggup berputar dan menggerakkan prosedur power window.

Pada prosedur power window terdapat beberapa motor. Oleh alasannya merupakan itu apabila terjadi kerusakan pada salah satu motor, power window tidak sanggup berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan kata lain power window rusak sebelah. Untuk itu perlu dijalankan pengecekan agar power window tidak macet.

6. Regulator Power Window Rusak

Regulator power window merupakan prosedur yang hendak merubah gerakan putar dari motor listrik menjadi gerakan naik turun pada beling jendela mobil. Regulator power window merupakan prosedur pelopor kaca. Dalam penggunaanya terdapat dua jenis regulator yang terkenal digunakan pada power window kendaraan yakni kabel dan gear.

Apabila timbul kerusakan pada regulator power window akan memunculkan gerakan putar dari motor power window tidak dapat dirubah menjadi gerakan naik turun. Akibatnya power window akan macet walaupun saklar ditekan secara berulang ulang.

Pada regulator power window versi gear lazimnya mengalami keuasan pada gear penggerak. Hal ini akan memunculkan regulator tidak sanggup menggerakkan lengan power window. Sementara itu pada regulator tipe kabel, kerusakan yang sering terjadi merupakan putus, terlilit, atau selip.

7. Rel Kaca Kotor

Penyebab power window macet merupakan rel beling yang kotor. Rel beling sungguh rentan terkena kotoran menyerupai debu, atau kotoran lainnya. Apabila kotoran makin banyak atau parah maka beling jendela akan tertahan oleh kotoran. 

Akibatnya power window macet walaupun sebenarnya prosedur pelopor masih melakukan pekerjaan dengan normal. Namun dikarenakan beling macet maka pelopor tidak dapat untuk menggerakkan beling jendela.

Oleh alasannya merupakan itu kebersihan rel beling atau jalur beling perlu diperhatikan. Apabila terdapat kotoran maka sanggup dijalankan pencucian dengan menyemprotkan cairan pembersih. Cairan pembersih khusus sanggup dibeli di pasaran dan otomatis akan berperan selaku pelumas.

Diatas merupakan pembahasan perihal power window macet. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar