Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Fungsi Jack Stand Dan Cara Menggunakannya

Fungsi Jack Stand - Jack stand atau yang lebih dipahami dengan nama rigid rack ialah salah satu perlengkapan penting pada workshop otomotif. Fungsi jack stand yakni untuk menopang beban kendaraan sehabis proses mendongkrak dijalankan biar kendaraan tetap kuat dan stabil selama proses perbaikan.

Jack stand yakni penopang yang besar lengan berkuasa dan stabil serta sanggup distel sesuai dengan ketinggian yang berbeda-beda. Selain itu jack stand memiliki kapasitas dan beban yang berbeda-beda menyerupai 3, 5,dan 12 ton. Jack stand dengan kata lain yakni bantalan dikala sebagian kendaraan diangkat. 

Jack stand dipakai dikala kendaraan telah didongkrak. Bagian yang terangkat tersebut lalu ditahan memakai jack stand selaku pengganti dongkrak. Dengan begitu maka pekerjaan yang dijalankan dibawah kendaraan sanggup lebih kondusif dan sesuai dengan keamanan dan kesehatan kerja. Untuk lebih jelasnya perihal fungsi jack stand dan cara menggunakannya akan dibahas pada postingan berikut ini.

Fungsi Jack Stand

Fungsi jack stand yakni selaku penopang atau penahan sebagian kendaraan yang sebelumnya telah diangkat memakai dongkrak. Jack stand bertugas selaku pengaman apabila dongkrak mengalami kerusakan. Selain itu fungsi jack stand juga selaku pengganti dongkrak. Dengan begitu proses pekerjaan dibawah kendaraan akan berlangsung lebih aman.

Komponen Komponen Jack Stand

Untuk melakukan banyak sekali fungsinya, maka jack stand berisikan beberapa komponen. Untuk lebih jelasnya berikut ialah komponen jack stand.
 Jack stand atau yang lebih dipahami  dengan nama rigid rack ialah salah satu perlengkapan  Mengenal Fungsi Jack Stand Dan Cara Menggunakannya

1. Lock Pin atau Pin Pengunci

Lock pin atau pin pengunci berfungsi untuk mengunci rahang jack stand. Lock pin yang dibikin dari batang besi yang kuat. Lock pin memiliki bentuk segitiga atau berupa tabung.

2. Tube atau Rahang

Tube ialah rahang yang berfungsi selaku penopang utama kendaraan. Tube atau rahang ini bersinggungan pribadi dengan titik tumpu pada kendaraan. Tube ditahan biar tetap lurus vertikal serta ketinggian tertentu oleh base. Pada kepingan ujung dibentuk dengan desain tertentu biar memamerkan kontak lebih luas.

3. Control Lever atau Tuas Pengatur Ketinggian

Control lever atau tuas pengatur ketinggian berfungsi selaku pengatur ketinggian jack stand biar sesuai dengan kebutuhan. Namun tidak semua jack stand memiliki control lever.

4. Base atau Penopang

Base berfungsi selaku penopang yang besar lengan berkuasa pada permukaan tanah. Dengan begitu jack stand sanggup menyangga sebagian kendaraan yang diangkat biar tetap stabil dan tidak akan goyah dikala pekerjaan dibawah kendaraan dilakukan.

Cara Menggunakan Jack Stand

Terdapat beberapa mekanisme yang mesti dijalankan apabila memakai jack stand. Hal ini berfungsi biar keamanan dan keamanan sanggup terjamin. Untuk lebih jelasnya berikut ialah cara memakai jack stand.
  1. Melakukan proses mendongkrak pada kepingan kendaraan yang mau dijalankan proses pengerjaan.
  2. Melepas locking pin pada jack stand biar jack stand lebih gampang dikelola naik turun atau ketinggiannya.
  3. Menyesuaikan ketinggian rahang atau tube pada kendaraan sesuai dengan kebutuhan.
  4. Memasang kembali locking pin dan tetapkan locking pin mengunci sempurna.
  5. Meletakkan jack stand dititik tumpu pada kendaraan. Apabila tidak terdapat titik tumpu maka letakkan jack stand pada chasis yang keras.
  6. Menurunkan dongkrak dan tetapkan posisi tube tepat ditengah tengah titik tumpu pada kendaraan.
  7. Apabila pekerjaan telah selesai, maka dongkrak kembali hingga jack stand kendor dan sanggup diambil.
  8. Lepas lock pin dan posisikan tube paling bawah.

Perawatan Jack Stand

Untuk mempertahankan kinerja dari jack stand biar tetap optimal maka diinginkan beberapa hal yang mesti dijalankan yaitu
  1. Memastikan jack stand dalam kondisi higienis dikala telah final digunakan.
  2. Proses penyimpanan tetapkan tidak ditempat yang lembab
  3. Memberikan pelumas pada kepingan unsur jack stand yang bergerak
  4. Jangan memakai jack stand untuk menopang beban yang melampaui kapasitas.
Diatas ialah pembahasan perihal fungsi jack stand dan cara menggunakannya. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar