Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

4 Langkah Cara Mengubah Oli Gardan Kendaraan Beroda Empat Yang Benar

Posting Komentar
 Pada postingan kali ini penulis akan membagikan bahasan wacana 4 Langkah Cara Mengganti Oli Gardan Mobil Yang Benar
Cara Mengganti Oli Gardan Mobil - Pada postingan kali ini penulis akan membagikan bahasan tentang cara mengubah oli gardan mobil. Sebelum kita mulai pembahasn inti dari cara mengubah oli gardan pastinya kita mesti mengetahui jenis – jenis oli yang ada pada kendaraan beroda empat kita.

Orang awam kebanyakan cuma mengenali oli yang ada pada kendaraan beroda empat kita merupakan oli mesin, padahal ada berbagai macam oli pada kendaraan beroda empat kita antara lain merupakan oli mesin, oli transmisi dan oli gardan. Oli mesin merupakan oli yang melumasi mesin kita selaku pelindung mesin pada dikala komponen mesin bergesekan dengan komponen lain, oli ini biasa kita ganti lewat lubang atas di cylinder head selaku lubang pengisian dan lubang dibawah mesin terletak di oil pan selaku lubang drainase atau lubang pengurasan.

Selanjutnya merupakan oli transmisi oli transmisi umumnya terletak pada kendaraan beroda empat – kendaraan beroda empat matic, oli transmisi khusus untuk melumasi metode transmisi pada mobil. Oli transmisi sengaja dipisah dari oli mesin dikarenakan transmisi memerlukan pelumasan khusus dengan tingkat viskositas yang berlawanan dengan oli mesin. Selanjutnya merupakan oli gardan, oli garda intinya juga sama dengan oli transmisi akan tetapi memerlukan pelumasan khusus alasannya merupakan letaknya berada jauh di belakang mobil, dan oli gardan juga butuh tingkat viskositas yang berlawanan dengan oli mesin.

Sebelum mengubah oli gardan kendaraan beroda empat pastinya alat – alat yang kita pakai juga mesti tersedia. Alat- alat tersebut merupakan dongkrak, bisa dongkrak botol maupun dongkrak buaya penulis menyarankan dongkrak buaya selaku alat yang dapat menopang secara maksimal. Selanjutnya merupakan jack stand untuk menopang kendaraan beroda empat secara keseluruhan, Kunci shock 1 set, kunci ring – pas 1 set, dan obeng 1 set. Selain itu ada alat – alat pendukung lain seumpama pipa panjang, botol ari minum yang sudah dimodifikasi dengan tutup yang disambung dengan selang, balok kayu secukupnya, dan palu, jangan lupakan pula ada juga nampan selaku daerah penampungan oli gardan yang sudah diganti.

Point berikutnya merupakan tingkat kekentalan oli gardan kendaraan beroda empat yang mesti pembaca sekalian perhatikan. Dalam hal ini penulis mengambil pola kijang inova dimana tingkat kekentalan oli gardan yang diperbolehkan pada kendaraan beroda empat kijang inova merupakan jenis API GL 5 dengan viskositas 80 W atau 90 W. Oleh alasannya merupakan itu perlu di cermati viskositasnya oli gardan mobil.

Apabila viskositas oli gardan kurang dari tolok ukur maka tidak dianjurkan alasannya merupakan bisa rawan akan proteksi pelumasannya. Jika pembaca sekalian tidak mengenali tingkat viskositas yang sesuai bagi kendaraan beroda empat pembaca sekalian, maka cobalah tanyakan pada toko oli terdekat oli apa yang umumnya dipakai oleh pengguna lain. Sedangkan kapasitas oli gardan yang diinginkan pada kendaraan beroda empat inova merupakan 3 hingga 3.10 liter, jikalau kawan juga kebingungan wacana kapasitas oli gardan kendaraan beroda empat yang pembaca miliki tanyakan juga pada toko pedagang oli terdekat. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai cara mengubah oli gardan mobil.

Cara Mengganti Oli Gardan Mobil

Langsung saja ke point utama pembahasan kita merupakan cara mengubah oli gardan mobil merupakan selaku berikut:

1. Memposisikan Mobil Di Permukaan Yang Datar

Letakkan kendaraan beroda empat pada permukaan tanah yang datar biar pengolahan sanggup lebih kondusif dan mudah. Ganjal dengan balok kayu atau karet ganjal biar kendaraan beroda empat tidak tergelincir pada dikala kita membongkar oli gardan

2. Mendongkrak Mobil


Dongkrak kendaraan beroda empat dengan dongkrak botol atau dongkrak buaya pada roda. Setelah itu pasangkan jack stand selaku pengganti dongkra, ada beberapa stage pada jack stand. Mengingat pekerjaan penggantian dongkrak memerlukan kelonggaran tubuh yang cukup tinggi, posisikan jack stand pada stage ke 4 atau ke 5. Sika pembaca sekalian tidak punya jack stand gantilah dengan balok kayu yang disusun.
 Pada postingan kali ini penulis akan membagikan bahasan wacana 4 Langkah Cara Mengganti Oli Gardan Mobil Yang Benar

3. Menguras Oli Gardan Mobil

Selanjutnya ada 2 baut pada gardan, baut diatas merupakan baut pengisian oli, dan baut yang bawah merupakan baut drainase. Lepaskan baut yang atas dengan menggunakan kuci ring dengan ukuran 16 mm. Selanjutnya posisikan nampan pada lubang dibawah baut drainase. Lalu lepaskan baut drainase dengan kunci 18 mm dan biarkan oli gardan menetes hingga habis.

Sembari menanti putar roda dengan tangan biar oli gardan bersih, ingat ya pembaca sekalian jangan menyemprot oli gardan dengan kompresor alasannya merupakan kompresor mengandung air, jikalau air tersebut masuk ke metode pelumasan pengaruh samping yang terjadi merupakan oli akan bercampur dengan air dan akan bermetamorfosis lumpur, ini menghalangi metode pelumasan alasannya merupakan viskositas menjadi buruk.
 Pada postingan kali ini penulis akan membagikan bahasan wacana 4 Langkah Cara Mengganti Oli Gardan Mobil Yang Benar

4. Mengisi Oli Gardan Mobil

Setelah oli gardan habis dan tidak menetes, berikutnya tutup baut drainase dan isikan oli gardan kedalam lubang pengisian oli gardan. mengingat saluran bergerak sungguh terbatas, penulis menyarankan menggunakan sumbangan wadah botol air minum dengan tutup yang dilobangi dan deberi selang biar gampang memasukkan oli kedalam lubang pengisian. Tutup baut oli dengan menggunakan kunci 16 mm tadi.
 Pada postingan kali ini penulis akan membagikan bahasan wacana 4 Langkah Cara Mengganti Oli Gardan Mobil Yang Benar
Selanjutnya periode penggantian oli gardan, oli gardan biasa diganti 1 tahun sekalil 20.000 Km atau 2 tahun sekali 40.000 Km, lebih sering lebih baik tergantung dari penggunaan kendaraan beroda empat pembaca sekalian. Saya rasa postingan cara mengubah oli gardan kendaraan beroda empat cukup dan gampang - mudahan berharga bagi pembaca sekalian.

Related Posts

Posting Komentar