Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Fungsi Dan Cara Kerja Fuel Pressure Regulator Efi


fungsi dan cara kerja fuel pressure regulator Fungsi dan Cara Kerja Fuel Pressure Regulator EFI
Fungsi dan Cara Kerja Fuel Pressure Regulator - Fuel pressure regulator ialah salah satu elemen pada tata cara injeksi materi bakar. Fungsi pressure regulator yakni untuk mempertahankan tekanan materi bakar mudah-mudahan senantiasa sama atau konstan sesuai dengan spesifikasi yang ada. Fuel pressure regulator banyak didapatkan pada kendaraan yang menggunakan electronic fuel injection (EFI).

Banyak minimal materi bakar yang dialirkan atau diinjeksikan ke ruang bakar diadaptasi dengan keperluan mesin. Jumlah materi bakar dikontrol sesuai dengan lamanya signal yang diantarkan ke injektor. Semakin usang signal ke injektor maka bertambah banyak materi bakar yang diinjeksikan. Namun tekanan materi bakar tetap dijaga mudah-mudahan tidak menghancurkan banyak sekali elemen tata cara injeksi materi bakar.

Cara kerja fuel pressure regulator mempergunakan kevakuman yang terjadi didalam intake manifold. Ketika mesin posisi idle maka fuel pressure regulator akan membuka sehingga materi bakar kembali kedalam tangki materi bakar. Sementara itu di saat kevakuman membengkak maka fuel pressure regulator akan menutup untuk memajukan volume materi bakar yang dialirkan. 

Oleh alasannya yakni itu fuel pressure regulator memiliki peranan yang penting pada tata cara injeksi materi bakar. Untuk lebih jelasnya perihal fungsi pressure regulator dan cara kerja fuel pressure regulator akan dibahas pada postingan berikut ini.

Fungsi Pressure Regulator

Fungsi pressure regulator yakni untuk mengontrol tekanan yang mengalir ke ruang bakar mudah-mudahan senantiasa sama atau konstan. Tekanan materi bakar dijaga mudah-mudahan senantiasa sesuai dengan spesifikasi. Meskipun materi bakar yang dialirkan ke ruang bakar bertambah di saat beban mesin bertambah juga. 

Tentunya di saat mesin dalam kondisi idling, konsumsi materi bakar akan berlawanan di saat kecepatan tinggi ataupun jalan menanjak. Oleh alasannya yakni itu walaupun pemikiran materi bakar berbeda, tekanan akan tetap dijaga mudah-mudahan sesuai dengan spesifikasi sehingga tidak timbul kerusakan pada tata cara injeksi materi bakar.

Cara Kerja Fuel Pressure Regulator

Fuel pressure regulator terletak di salah satu ujung pipa penghantar atau delivery pipe memiliki prosedur pengembalian materi bakar ke tangki. Sementara itu fuel pressure regulator yang terletak ditangki materi bakar akan pribadi kembali ke tangki materi bakar. 

Sesuai dengan fungsinya, untuk mengontrol tekanan yang mengalir ke ruang bakar mudah-mudahan tetap stabil atau konstan maka dikehendaki beberapa komponen. Di pressure regulator terdapat 3 elemen utama yakni diafragma, pegas, dan katup. 

Sementara itu untuk mengontrol tekanan materi bakar yang ada di pipa penghantar, fuel pressure regulator mempergunakan tingkat kevakuman pada intake manifold. Untuk lebih jelasnya perihal cara kerja fuel pressure regulator akan dibahas berikut ini.

1. Saat Mesin Idling

Pada di saat mesin dalam kondisi stasioner atau idling maka katup throttle belum terbuka. Hal ini akan membuat kevakuman didalam intake manifold bertambah besar. Selain itu materi bakar yang diinjeksikan ke ruang bakar berjumlah sedikit. Oleh alasannya yakni itu perlu pengaturan mudah-mudahan tekanan materi bakar didalam pipa penghantar tetap konstan.

Kevakuman yang meningkat akan melemahkan pegas fuel pressure regulator. Dengan kata lain kevakuman akan menawan membran untuk mengalahkan tekanan pegas. Oleh alasannya yakni itu akses kembali materi bakar akan membuka dan menyebabkan materi bakar mengalir kedalam tangki materi bakar.

Dengan mengalirnya materi bakar kembali ke tangki materi bakar lewat pipa pengembali akan mempertahankan tekanan didalam pipa penghantar mudah-mudahan tetap tersadar atau konstan. Walaupun pompa melakukan pekerjaan secara terus menerus, tetapi jumlah materi bakar yang masuk ke dalam pipa penghantar akan sama dengan jumlah materi bakar yang keluar lewat fuel pressure regulator.

2. Saat Mesin Beban Penuh

Pada di saat mesin dalam kondisi beban sarat maka katup throttle akan membuka penuh. Akibatnya kevakuman didalam intake manifold akan turun. Saat mesin memiliki beban sarat maka konsumsi materi bakar yang diinjeksikan ke ruang bakar akan bertambah banyak. Oleh alasannya yakni itu perlu penambahan materi bakar mudah-mudahan tekanan materi bakar didalam pipa penghantar tidak turun atau tetap konstan.

Kevakuman yang melemah maka diafragma atau membran akan kembali sedikit ke posisi semula. Akibatnya tidak ada yang menolong mendorong melawan tekanan pegas. Oleh alasannya yakni itu akses pengembali akan tertutup sementara hingga tekanan materi bakar bisa mengalahkan pegas dan membuka akses pengembali.

Ketika akses fuel pressure regulator menutup maka materi bakar akan terus mengalir ke dalam pipa penghantar. Selain itu jumlah materi bakar yang diinjeksikan juga banyak sehingga memerlukan jumlah materi bakar yang masuk dalam jumlah yang banyak. Oleh alasannya yakni itu akses fuel pressure regulator perlu ditutup untuk menyanggupi jumlah materi bakar yang diinjeksikan dan mempertahankan tekanan materi bakar didalam pipa penghantar mudah-mudahan tetap konstan.

3. Saat Mesin Mati

Apabila mesin mati maka kevakuman didalam intake manifold akan menghilang. Selain itu tidak ada suplai materi bakar yang masuk ke dalam pipa penghantar dan keluar baik lewat pressure regulator valve maupun diinjeksikan ke ruang bakar.

Berbagai hal tersebut menyebabkan membran akan kembali ke posisi permulaan akhir tekanan pegas. Akibatnya pressure regulator dalam kondisi tertutup penuh. Selain itu, untuk mempertahankan tekanan materi bakar tidak kembali ke tangki maka check valve yang berada di ujung pipa penghantar juga akan menutup. Hal ini menyebabkan materi bakar bertekanan terjebak didalam pipa penghantar. Adanya materi bakar bertekanan akan menolong di saat mesin pertama kali dinyalakan atau distart.

Jika fuel pressure regulator mengalami kerusakan maka tekanan materi bakar di pipa penghantar tidak sanggup jaga. Penyebab fuel pressure regulator rusak umumnya dikarenakan adanya kotoran yang mau mengusik kinerja dari katup fuel pressure regulator. Akibatnya akan timbul banyak sekali permasalahan pada mesin kendaraaan seperti:
  1. Munculnya check engine dan isyarat P0175 dan P0172 pada scan tools
  2. Nilai lamda materi bakar yang tinggi
  3. Akan timbul asap hitam pada knalpot
  4. Elektroda busi hitam
  5. Perfoma mesin menurun
  6. Sulit di starter
Demikian ialah pembahasan perihal fungsi dan cara kerja fuel pressure regulator yang banyak digunakan pada tata cara EFI. Semoga sanggup menolong menyediakan pengetahuan tambahan.

Related Posts

Posting Komentar