Kali ini kita akan menulis catatan teknik tentang cara reset ECM, sensot TP, dan cara setting ALTITUDE. ok yang pertama kita diskusikan adalah:
Cara reset atau inisialisasi ECM
Tambahan:
Jika belum mempunyai alat Jumper DLC untuk reset ECM / ECU di motor honda sanggup menggunakan kabel biasa caranya anda masukkan saja kabel di lobang yang saya tunjuk di atas. Cabut dan masukkan sebelum 5 detik. Oya pada dasar nya semua motor injeksi honda posisi kabel yang di jumper sama saja, dari motor supra 125 FI lama, beat FI lama, Spacy FI, scoopy FI, vario 125/150 dari yang CW hingga Esp semua sama. alasannya merupakan alat yang di gunakan di semua tipe ya hanya satu. Tapi ingat, amati posisi yang saya tunjuk, jangan hingga terbalik.
Di bawah ini referensi Video reset ECM dan setting Altitude.
Catatan:
Lakukan mekanisme reset ECM ini apabila salah satu dari part yang bermitra dengan materi bakar berikut ini di ganti dengan yang baru.
Sebelum mengerjakan reset TP pastikan bahwa arahan kerusakan tidak tersimpan dalam ECM. Atau laksanakan dahulu mekanisme reset ECM, kalau arahan kerusakan tersimpan maka reset TP tidak akan bekerja. Prosedur ini di laksanakan pada di saat throttle body di ganti dengan yang baru.
Berikut ini merupakan mekanisme cara reset TP:
Pilih mode yang tepat dengan suasana yang di jelaskan berikut.
Mode 1 : 0-2.000 m di atas permukaan laut
Mode 2 : 2.000-2.500 m di atas permukaan laut
Mode 3 : 2.500-3.500 m di atas permukaan laut
Mode 4 : 3.500m atau lebih tinggi di atas permukaan laut
Berikut mekanisme setting Altitude:
Mil semestinya menyala dan lalu mulai berkedip dengan cepat.
Mode 1.
Dalam waktu 5 detik sehabis kedipan cepat di mulai, tutup handel gas dan tahan selama lebih dari 3 detik.
Mode 2,3,4.
Dalam waktu 5 detik sehabis kedipan cepat di mulai, hentakkan handel gas dengan segera (tutup selama 0,5 detik/buka lagi selama 0,5 detik) sejumlah sesuai spesifikasi, lalu tutup dan tahan selana lebih dari 3 detik.
Mode 2 : hentakkan handel gas 1 kali
Mode 3 : hentakkan handel gas 2 kali
Mode 4 : hentakkan handel gas 3 kali
Catatan:
• kalau MIL tidak berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke posisi OFF dan coba lagi
• kalau anda tidak sanggup mengulang prosedur, periksa ulang apakah arahan kerusakan tersimpan di ECM
• kalau MIL berkedip namun tidak cocok mode yang di harapkan putar kunci kontak ke OFF dan coba lagi.
sehabis sukses lepaskan DLC short connector dan pasang epilog DLC.
periksa putaran stasioner mesin
Itulah mekanisme cara reset ECM, cara reset sensor TP, dan cara setting altitude. Jika ada yang kurang paham sanggup tanyakan di komentar, biar bermanfaat.
Cara reset atau inisialisasi ECM
- lepaskan cover sehingga DLC kelihatan.
- pastikan kunci kontak pada posisi OFF.
- lepaskan DLC cap (penutup DLC).
- hubungkan DLC short connector (coklat-hijau/hitam).
- putar kunci kontak ke posisi ON.
- lepaskan DLC short connector dan pasangkan kembali dalam waktu kurang dari 5 detik.
- MIL akan berkedip pendek secara terus menerus kalau reset ECM berhasil.
- putar kunci kontak pada posisi OFF, lepaskan DLC short connector, dan pasang kembali epilog DLC
Tambahan:
Jika belum mempunyai alat Jumper DLC untuk reset ECM / ECU di motor honda sanggup menggunakan kabel biasa caranya anda masukkan saja kabel di lobang yang saya tunjuk di atas. Cabut dan masukkan sebelum 5 detik. Oya pada dasar nya semua motor injeksi honda posisi kabel yang di jumper sama saja, dari motor supra 125 FI lama, beat FI lama, Spacy FI, scoopy FI, vario 125/150 dari yang CW hingga Esp semua sama. alasannya merupakan alat yang di gunakan di semua tipe ya hanya satu. Tapi ingat, amati posisi yang saya tunjuk, jangan hingga terbalik.
baca juga:
prinsip cara kerja sensor IACV
Di bawah ini referensi Video reset ECM dan setting Altitude.
Catatan:
Lakukan mekanisme reset ECM ini apabila salah satu dari part yang bermitra dengan materi bakar berikut ini di ganti dengan yang baru.
- idle air screw.
- pompa materi bakar.
- saringan materi bakar.
- injektor.
- sensor O²
- cylinder head.
- valve/valve guide/valve seat.
- cylinder/piston/ring-ring piston.
Sebelum mengerjakan reset TP pastikan bahwa arahan kerusakan tidak tersimpan dalam ECM. Atau laksanakan dahulu mekanisme reset ECM, kalau arahan kerusakan tersimpan maka reset TP tidak akan bekerja. Prosedur ini di laksanakan pada di saat throttle body di ganti dengan yang baru.
Berikut ini merupakan mekanisme cara reset TP:
- putar kunci kontak ke posisi OFF.
- lepaskan DLC cap (penutup DLC), hubungkan DLC dengan DLC short connector (coklat - hijau/hitam).
- lepakan konektor 2p sensor ECT. hubungkan terminal konektor dengan kabel jumper (merah muda/putih-hijau/orange.
- putar kunci kontak ke posisi ON lalu lepaskan kabel jumper dari konektor 2p sensor ECT sementara MIL berkedip selama 10detik.
- periksa apakah mil berkedip. Setelah pelepasan kabel jumper, MIL semestinya mulai berkedi (pola berhasil).
- putar kunci kontak ke posisi OFF.
- hubungkan konektor 2p sensor ECT.
- LepaskanDLC short connector dar DLC, dan pasang penutupnya.
Pilih mode yang tepat dengan suasana yang di jelaskan berikut.
Mode 1 : 0-2.000 m di atas permukaan laut
Mode 2 : 2.000-2.500 m di atas permukaan laut
Mode 3 : 2.500-3.500 m di atas permukaan laut
Mode 4 : 3.500m atau lebih tinggi di atas permukaan laut
Berikut mekanisme setting Altitude:
- putar kunci kontak ke posisi OFF.
- Lepaskan epilog DLC dan hubungkan DLC short connector.
- buka andel gas sepenuhnya dan tahan.
- putarkunci kontak ke posisi ON
Mil semestinya menyala dan lalu mulai berkedip dengan cepat.
Mode 1.
Dalam waktu 5 detik sehabis kedipan cepat di mulai, tutup handel gas dan tahan selama lebih dari 3 detik.
Mode 2,3,4.
Dalam waktu 5 detik sehabis kedipan cepat di mulai, hentakkan handel gas dengan segera (tutup selama 0,5 detik/buka lagi selama 0,5 detik) sejumlah sesuai spesifikasi, lalu tutup dan tahan selana lebih dari 3 detik.
Mode 2 : hentakkan handel gas 1 kali
Mode 3 : hentakkan handel gas 2 kali
Mode 4 : hentakkan handel gas 3 kali
Catatan:
• kalau MIL tidak berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke posisi OFF dan coba lagi
• kalau anda tidak sanggup mengulang prosedur, periksa ulang apakah arahan kerusakan tersimpan di ECM
• kalau MIL berkedip namun tidak cocok mode yang di harapkan putar kunci kontak ke OFF dan coba lagi.
sehabis sukses lepaskan DLC short connector dan pasang epilog DLC.
periksa putaran stasioner mesin
Itulah mekanisme cara reset ECM, cara reset sensor TP, dan cara setting altitude. Jika ada yang kurang paham sanggup tanyakan di komentar, biar bermanfaat.
Posting Komentar
Posting Komentar