Sedikit curhat:Tragedi ECM beat FI eSP Terbakar
Jika kedipan mil 52 yang menyediakan kerusakan pada sensor CKP periksalah poin poin di bawah ini.
1. investigasi hubungan singkat kanal sensor CKP
Putar kunci kontak ke posisi OFF. lepaskan konektor 6p sensor CKP. periksa kontinuitas antara terminal konektor 6p sensor CKP dan massa. Menggunakan avometer skala OHM
Ukur kabel-kabel CKP berikut Ini:
putih/merah-massa.
Putih/biru-masaa.
Putih/hitam-massa
Biru/kuning-massa
Coklat/hitam-massa
Biru/hijau-massa
Jika semua kabel di atas ketika di ukur tidak ada kontinuitas maka tidak terjadi hubungan singkat/konsleting di kanal sensor CKP.
Dan apabila ada kontinuitas maka ada hubungan singkat antara kabel body dan konektor sensor CKP/ECM. dan apabila tidak ada kontinuitas maka lanjut pengecekan ke dua.
2. Pemeriksaan rangkaian terbuka kanal sensor CKP
Caranya Lepaskan konektor 33p ECM. periksa kontinuitas antara terminal terminal konektor 33p ECM dan 6p CKP pada kabel berikut.
Ukur tahanan kabel denga avo skala OHM:
putih/merah-putih/merah.
Putih/biru-putih/biru.
Putih/hitam-Putih/hitam.
Biru/kuning-biru/kuning.
Coklat/hitam-Coklat/hitam.
Biru/hijau-biru/hijau.
Standard nya kabel-kabel di atas ada kontinuitas.
Jika tidak ada kontinuitas kemunkinan ada rangkaian terbuka antara konektor sensor CKP dan ECM, tp jikalau ada maka lanjut pengecekan selanjutnya.
3. Pemeriksaan sensor CKP
sehabis semua di lakukan tetapi masih saja instruksi kerusakan timbul maka Ganti sensor CKP dengan yang masih dalam kondisi baik. Hapus dtc atau reset ECM. hidupkan mesin dan panaskan. Setelah itu apakah mil masih berkedip, ? Jika iya maka ganti ECM dengan yang masih kondisi baik dan periksa ulang.
Bocoran. inilah yang sering terjadi di bengkel.
Adanya kabel yang mengelupas pada konektor CKP. ini sering terjadi pada motor beat FI esp, scoopy Esp.
nah sekian dahulu biar bermanfaat. jikalau ada yang di tanyakan silahkan lewati komentar.
Posting Komentar
Posting Komentar