Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Komponen Dalam Metode Anutan Materi Bakar Pgm Fi

Kali ini kita akan membahas komponen apa saja sih yang berfungsi di tata cara pengaliran materi bakar.

Nah balasan nya komponen yang berfung si pada tata cara ini yaitu:

• fuel pump module
• pressure regulator
• fuel feed hose
• injektor
• throttle body sensor unit
• Engine control module


Fuel Pump Module.

Fungsi dari fuel pump module yakni memompa dan mengalirkan materi bakar dari tangki ke injektor sesuai dengan keperluan mesin yang di kendalikan oleh ECM. pompa materi bahan bakar yakni suatu impeller (turbin). Pompa yang di gerak kan oleh motor 12v-DC memiliki tekanan konstan 294 kpa (3,0kgf/cm²)
Fuel pump module pompa materi bakar di pasang di dalam tangki, komponen ini juga berisikan beberapa bagian, fuel suction filter, pompa, fuel pressure regulator dan float atau pelampung bensin.

Fungsi dari fuel suction filter sendiri yakni menangkal masuknya kotoran atau partikel partikel ke dalam jalan masuk materi bakar, sanggup kita sebut juga selaku saringan materi bakar. Pergantian filter setiap 48.000 km

Fuel pump atau pompa mempunyai faedah memompa dan mengalirkan materi bakar dari tangki ke injektor. Di dalam fuel pump terdapat check valve yakni mekanisme satu arah menangkal fatwa balik.

Pressure regulator.

mengendalikan tekanan bakar di dalam tata cara fatwa materi bakar, dan juga mengembalikan materi bakar dengan membuka katub dikala tekanan materi bakar melampaui tekanan tolok ukur 294kpa (3.0kgf/cm², 43 psi).

Cara mengukur tekanan pompa materi bakar (fuel pump) dengan menggunakan


Ini mekanisme cara nya:
1. Pastikan kunci kontak dalam posisi OFF
2. Lepaskan konektor materi bakar
3. Putar kunci kontak ke posisi ON
4. Hidupkan sepeda motor hingga mesin mati
5. Putar kunci kontak ke posisi OFF
6. Lepaskan selang materi bakar
7. Pasang fuel pressure gauge
8. Pasang kembali konektor pompa materi bakar
9. Putar kunci kontak ke posisi ON
10. Hidupkan sepeda motor dan liha hasil nya, tekanan tolok ukur yakni 294 Kpa

√ Fuel Feed Hose.

Selang penyedia materi bakar pada sepeda motor PGM FI memiliki lebih banyak lapisan bahkan memiliki 4 layer lapisan dan materi material pun berlainan sedangkan selang untuk kendaraan karburator cuma memiliki 2 layer lapisan, sehingga sanggup tahan kepada tekanan yang lebih besar.

Catatan: di saat memasang selang materi bakar tetapkan bahwa sudah di tempatkan sesuai fatwa dengan benar. Jika selang di pasang dengan lengkungan atau puntiran yang ekstrim sanggup menyebabkan dilema pada pemasokan materi bakar dan kerusakan pada selang

√ Injektor.

Injektor melakukan pekerjaan sesuai sinyal dari ECM untuk menyemprotkan materi bakar ke dalam intake manifold
Injektor berisikan komponen:


Filter, selenoid coil, plugger, spring dan needle valve.
Diameter port honda: 0.152 mm.
Jumlah port: 6 pada supra 125, spacy, revo at, pcx, cb 150. Dan 12 port pada cbr 250

√ Engine Control Module.

ECM di tata cara ini menyeleksi pengaturan waktu penyemprotan materi bakar. Ecm mengirim surat untuk starla, eh salah . Mengirim sinyal listrik ke selenoid coil sehingga pada selenoid terjadi gaya magnit yang menyebabkan plunger dan needle valve terpesona dan membuat lubang lubang nozzle injektor terbuka, sehingga materi bakar yang bertekanan 294kpa akan di semprotkan atau terinjekai menuju ruang bakar.
Apabila ECM menghentikan fatwa listrik maka gaya kemagnitan pada selenoid akan hilang, dan plunger dan needle valve akan terdorong kembali oleh pegas lalu menutup kembali lubang nozzle injektor.

√ Throttle Body.

Throttle body berfungsi untuk mengendalikan jumlah udara masuk di saat pengendara mengoprasikan throttle valve yang terhubung dengan throttle grip, di throttle body terdapat sensor TP (throttle position) dan idle adjuating screw.
• sensor TP berfungsi untuk mendeteksi sudut tajil throttle valve
• idle Adjusting screw berfungsi mengendalikan jumlah udara masuk pada waktu putaran stasioner.

Mungkin hingga disini dulu, biar bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar