Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Belajar Rangkaian Metode Pengisian Supra X 125

Selamat malam sedulur.

Bagaimana kabarnya,?

Kali ini kum3n akan membahas metode pengisian di motor supra x 125.

Sebelum kita ke bahasan,
Sistem pengisian berfungsi mengisi battery biar voltase yang tersimpan tetap stabil.

Dan alasannya yakni di motor ini menggunakan CDI DC yang ber artinya sumber pengapian nya berasal dari aki jadi di upayakan aki mesti tetap dalam keadaan prima.

Lalu Apa yang terjadi kalau aki drop.?

Jika aki ngedrop, maka semua metode kelistrikan akan meredup.

contohnya: Klakson tidak nyaring, spedometer akan berkedip, sein tidak terang.

Peringatan..!!
Jangan biarkan terlalu usang motor yang memakai metode pengapian DC tanpa adanya aki, dapat memperpendek komponen pengapian, utamanya CDI.

Oya tadi aku bilang kalau di motor ini aki yang menjadi sumber pengapian bukan, tetapi kok kalau aki drop masih dapat hidup motor nya.?

Ya dapat dong, kalau aki drop motor akan tetap dapat berlangsung wajar dengan syarat metode pengisian sehat.

Kalau metode pengisian nya telah tidak manis motor dengan CDI dc akan mogok ya lur.

Selanjutnya..

Diagram metode pengisian Supra X 125.

Keterangan gambar.

  • Kabel W terhubung ke regulator / kiprok.
  • Kabel G menjadi massa alternator dan regulator yamg terpasang di body.
  • Kabel Y di regulator terhubung ke metode penerangan lampu depan.
  • Kabel R regulator mengarah ke kasatmata Aki dan terpasang sekring 15A.

Cara pengecekan metode pengisian.

A. Sistem pengisian berawal dari alternator / spul. Untuk pengecekan nya kalau tanpa multitester dapat pribadi anda ukiran kabel putih ke body sambil di stater, kalau wajar sebaiknya akan meletikkan bunga api.

Jika anda pakai multitester periksa tahanan di kabel putih dan hijau alternator / spul dengan skala ohm. Standar tahanan nya yakni 0,3 - 1,1 ohm. Ganti spul kalau tahanan tidak sesuai.

B. Untuk cek regulator cara mudah yang sering aku pake yakni dengan melepasan posotif Aki kemudian colokoan probe merah multi ke kabel merah di soket regulator dan probe hitam ke massa, kemudian stater motor, sebaiknya ada arus yang terbaca.

Anda juga dapat memakai bolep tester untuk pengecekan ini. Caranya pun sama, lepas kasatmata aki kemudian satu kabel dari bolep tester ke kabel merah regulator dan yang satu ke massa. Kalau kiprok mormal di saat motor di stater bolep akan menyala.

Untuk warna kabel kiprokya baca warna kabel soket kiprok dan fungsinya.

Baca juga:

Nah aku rasa cukup hingga di sini pembahasan metode pengisian di motor supra x 125 ini.

Semoga dapat di pahami.
Silahkan lewati komentar kalau ada pertanyaan.

Terimakasih.

Related Posts

Posting Komentar