Jenis Chassis (Kerangka) Mobil - Chassis (kerangka) adalah kerangka internal yang menjadi dasar untuk bikinan dan digabungkan dengan mesin dan alat elektronik tertentu. Dalam penggunaan pada kendaraan beroda empat terdapat beberapa macam chassis mobil. Apa saja jenis chassis mobil tersebut?
Chassis atau kerangka memiliki kegunaan yang sungguh penting pada mobil. Chassis berfungsi selaku penopang berat dan beban kendaraan yang berisikan pengemudi, mesin, dan beban lainnya. Selain itu chassis juga berfungsi untuk menjaga bentuk kendaraan beroda empat biar tetap rigid atau kaku. Oleh alasannya itu chassis mesti kaku dan kuat.
Selain kuat, chassis atau kerangka kendaraan beroda empat juga mesti menjamin keamanan dan keamanan berkendara bagi pengemudinya. Oleh alasannya itu munculah banyak sekali jenis chassis mobil atau kerangka yang banyak dikembangkan oleh perusahaan otomotif. Berbagai jenis chassis tersebut dikembangkan dan dipadukan dengan pertumbuhan teknologi yang ada. Oleh alasannya itu dihasilkan kerangka atau chassis kendaraan beroda empat yang dinamis.
Bahkan pertumbuhan teknologi bisa menimbulkan jenis chassis yang mempunyai kesanggupan perembesan benturan. Oleh alasannya itu apabila terjadi kecelakaan sanggup menghemat terjadinya benturan dan cedera penumpang dan pengemudi. Mengingat pentingnya peranan chassis mobil, maka perlu diketahui perihal jenis chasis mobil atau jenis kerangka mobil. Semua hal tersebut akan dibahas pada postingan berikut ini.
Jenis Chassis Mobil (Kerangka)
Terdapat beberapa macam kerangka yang dipakai pada kendaraan terutama mobil. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai jenis chasis mobil.
1. Ladder Frame
Ladder frame merupakan salah satu jenis chassis kendaraan beroda empat yang mempunyai bentuk seumpama tangga dan berada di bawah bodi kendaraan menjadi tumpuan banyak sekali bab dari mobil. Konstruksi dari ladder frame terpisah dengan bodi kendaraan sehingga bodi kendaraan beroda empat sanggup dilepas atau dicopot. Ladder frame mempunyai karakteristik solid dan kuat.
Chassis jenis ladder frame yang dibikin dari baja simetris yang mempunyai bentuk balok. Untuk memperbesar kekuatan rangka atau frame maka disertakan joint dan crossmember. disamping itu pada beberapa sisi disertakan besi menyilang untuk menjaga struktur dari ladder frame.
Konstruksi ladder frame ini menghasilkan bobot dan rancangan kendaraan beroda empat menjadi lebih tinggi. Untuk menyambungkan ladder frame dengan bodi kendaraan disertakan mounting yang dibaut. Selain itu mounting ini juga berfungsi untuk menyerap getaran yang diterima oleh rangka biar tidak diteruskan ke bodi kendaraan.
Pada biasanya chassis jenis ladder frame dipakai pada kendaraan niaga dan kendaraan yang berskala besar. Sebagai rujukan kendaraan yang menggunakan merupakan bus, truck, dan lain sebagainya. Namun beberapa kendaraan kecil juga menggunakan chassis jenis ladder frame mirip multi purpose vehicle atau MPV alasannya kesanggupan ladder frame pada semua keadaan jalan.
2. Monocuque Frame
Monoque frame merupakan salah satu jenis chassis kendaraan beroda empat yang memadukan antara bodi dengan kerangka kendaraan. Artinya rangka dan bodi menjadi satu kesatuan yang tidak sanggup dipisah. Bagian bodi kendaraan didesain sedemikian rupa sehingga sekaligus menjadi kerangka yang mempunyai efek dan melindungi kabin kendaraan.
Monoque frame yang dibikin dari lembaran baja composit yang digabungkan atau dijadikan satu lewat banyak sekali cara mirip pengelasan, press, dan lain sebagainya serta dibikin menjadi suatu kerangka mobil. Penambahan bodi kendaraan tingga menyatukan lembaran sesuai dengan bentuk kerangka. Artinya kita tidak perlu menghasilkan rangka bodi tambahan.
Konstruksi monoque frame menghasilkan kendaraan atau kendaraan beroda empat menjadi sedikit lebih rendah. Selain itu bobot kendaraan juga menjadi lebih ringan. Namun kekuatan atau daya tahan kepada beban sedikit dibawah ladder frame. Hal ini diakibatkan oleh tidak adanya rangka yang menopang bab bawah kendaraan.
Pada biasanya chassis jenis monoque frame banyak dipakai pada kendaraan pribadi mirip hatchback, sedan, SUV, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan ketentraman serta pengendalian kendaraan yang lebih baik. Selain itu, alasannya bobot yang lebih ringan menghasilkan kendaraan menjadi ekonomis materi bakar.
3. Backbone Frame
Backbone frame merupakan salah satu jenis chassis yang mempunyai tulang rangka utama atau tunggal yang menghubungkan bab depan dengan bab belakang kendaraan. Backbone frame cuma mempunyai rangka tunggal sehingga ditaruh pada bab tengah frame.
Bentuk backbone frame sama mirip ladder frame cuma saja rangka disatukan menjadi satu ditengah-tengah mirip tulang punggung manusia. Oleh alasannya itu konstruksinya kuat. Backbone frame pribadi menghubungkan suspensi depan dan suspensi belakang. Selain itu pribadi menjadi dudukan bearing.
Namun alasannya cuma mempunyai satu rangka saja, maka backbone frame mempunyai beberapa kelemahan mirip keamanan yang kurang, mahalnya proses produksi, dan lain sebagainya. Backbone frame tidak dapat menahan side impact atau tumbukan dari samping.
Backbone frame kurang populler. Oleh alasannya itu jarang dipakai untuk kendaraan komersil maupun penumpang. Selain itu kurangnya keamanan juga menjadi aspek utama jenis chassis ini tidak digunakan.
4. Tubular Space Frame
Tubular space frame merupakan salah satu jenis chassis yang menggunakan beberapa macam pipa baja yang dirangkai dan dibikin sedemikian rupa sehingga berupa mirip kendaraan beroda empat atau kendaraan. Artinya tubular space frame merupakan rangka yang mempunyai bentuk tiga dimensi. Tubular space frame menggunakan pipa baja bundar dan persegi untuk membuat lebih mudah menyambungkan dengan panel bodi kendaraan. Berbagai jenis baja ini dilas sehingga mempunyai struktur kendaraan.
Kekuatan tubular space frame tergantung pada struktur dan sambungan yang digunakan. Pipa baja bundar akan menyediakan kekuatan maksimum alasannya bisa menahan beban dari arah mana saja.
Tubular space frame dibikin untuk memperbesar tingkat rigid atau kekakuan dari rangka kendaraan. Hal ini berencana untuk mempertahan kendali pada geometri suspensi kendaraan. Oleh alasannya itu roda akan tetap bersinggungan dengan permukaan jalan walaupun kendaraan sedang dalam kecepatan tinggi.
Penggunaan tubular space frame biasanya pada kendaraan beroda empat balap. Hal ini dikarenakan tubular space frame mempunyai kekakuan, ketahanan beban, dan beban impact yang baik. Selain itu bentuknya sanggup diadaptasi dengan bentuk kendaran.
5. Alumunium Space Frame
Alumunium space frame merupakan salah satu jenis chassis yang mempunyai bentuk sama mirip monoque frame tetapi yang dibikin dari materi alumunium secara keseluruhan. Apabila monoque frame yang dibikin dari lembaran baja, sementara alumunium space frame yang dibikin dari alumunium.
Konstruksi alumunium space frame sama mirip monoque frame. Namun pada setiap sudut atau sambungan dibikin dengan pengecoran sehingga mempunyai kekuatan yang lebih tinggi. Namun alasannya pengerjaan yang cukup rumit serta ongkos bikinan yang lebih tinggi membuat harga jualnya juga lebih mahal dibanding monoque frame.
Audi merupakan perusahaan pertama yang menggumumkan penggunaan jenis chassis kendaraan beroda empat ini yakni pada Audi A8. Pengembangan jenis chassis ASF ini bareng perusahaan Alcoa. Alumunium space frame diklaim mempunyai nilai berat 40% lebih ringan dibanding versi biasa. Selain itu mempunyai nilai kekakuan 40% lebih tinggi.
Diatas merupakan pembahasan perihal chasis mobil atau frame atau kerangka mobil yang banyak digunakan. Berbagai jenis chassis mobil tersebut mempunyai laba dan kelebihan masing-masing sehingga penggunaan mesti diadaptasi dengan keperluan kendaraan.
Posting Komentar
Posting Komentar