Ok kali ini kum3n.com akan menulis catatan kelistrikan GL 200 atau tiger 2000 merupakan tiger generasi pertama. Langsung saja simak catatan berikut.
Clutch switch, ada 2 kabel:
- Hijau: kabel ke massa
- Hijau/Merah: kabel dari stater magnetic switch.
Stater magnetic switch, ada 2 kabel:
- Kuning/Merah.
Kabel ini menuju tombol stater, apabila tombol stater di tekan, kabel kuning/merah akan bermitra dengan kabel hitam “arus dc dari kunci kontak”.
- Hijau/Merah.
Kabel tersebut di dalam kabel body bercabang dua, yaitu:
A. Menuju ke clutch switch “switch koplong”.
B. Menuju rectifier “kiprok”.
Kabel ini merupakan kabel penghubung menuju ke massa dari stater magnetic switch.
Kabel hijau/merah akan bermitra dengan massa apabila;
- Transmisi dalam kondisi netral (indikator hijau hidup).
Pada di saat netral, tombol stater di tekan, makan arus mengalir dari tombol menuju stater magnetic switch (kabel warna kuning/merah), dari stater magnetic switch menuju rectifier (kabel warna hijau/merah), dari rectifier menuju massa (hijau muda/merah/kabel massa lampu netral).
NB: rectifier cuma sanggup mengalirkan arus searah artinya yang telah hingga di massa tidak sanggup mengalir kembali menuju ke stater magnetic switch.
- Handel kopling di tarik/di tekan.
Apabila tombol stater di tekan maka arus mengalir dari tombol menuju stater magnetic switch (kuning/merah), dari stater magnetic switch menuju clutch switch / switch kopling (hijau/merah). Karena handle kopling di tarik maka otomatis kabel hijau/merah bermitra dengan kabel hijau (massa).
Kesimpulan nya motor tiger sanggup di hidupkan dengan tombol stater apabila:
1. Transmisi dalam kondisi netral.
2. Handle kopling di tarik kalau transmisi tidak netral.
Sebagai perbandingan, stater magnetic switch pada type cub ada 2 kabel, yaitu:
A. Hitam: kabel arus DC dari kunci kontak.
B. Kuning/merah: kabel menuju tombol. Apabila tombol stater di tekan, maka kabel kuning/merah akan bermitra dengan kabel warna hijau (massa).
Catatan singkat kelistrikan GL 200 “Tiger 2000”
- Regulator ada 5 kabel.
B. Kuning: kabel dari spul.
C. Hitam.: kabel arus DC dari kunci kontak.
D. Hujau: kabel dari massa.
E. Merah: kabel menuju accu dan kunci kontak.
- Switch rem depan:
B. Kuning / hijau: kabel menuju lampu rem, kabel ini di hubungkan dengan kabel hijau/kuning di sambung di dalam batok lampu depan.
- Saklar reting/sein.
B. Orange: riting kiri.
C. Biru langit: riting kanan.
- Techo meter.
B. Hitam: kabel arus DC dari kunci kontak.
C. Hijau: kabel massa.
- Fuel meter:
B. Hitam: arus DC dari kunci kontak.
C. Hijau: kabel massa.
- Fuel unit.
B. Hijau: kabel massa.
Untuk kabel-kabel lampu kota, lampu spedo, klakson, cdi, coil, rem, sama menyerupai kabel motor honda lain.
Ok aku rasa cukup hingga di sini dahulu catatan kelistrikan motor gl 200 nya, supaya bermanfaat. Terimakasih.
Posting Komentar
Posting Komentar