Kompresor ac jadi segi yang paling utama pada prosedur ac kendaraan beroda empat sebab disitulah susukan dan perputaran freon (zat pendingin) di pompa dan di perputarankan ke semua prosedur ac. Komponen ini berperan untuk memompa freon biar bersirkulasi ke semua anutan prosedur ac di mobil.
Langkah kerja kompresor ac ini diawali pada perputaran pulley kompresor ac yang tersambung dengan pulley crankshaft dengan memakai magnetic clutch agar ke-2 pulley itu dapat tersambung dan kompresor sanggup berputar utuk memompa freon.
Bila kompresor ac kendaraan beroda empat ini tidak berputar, maka ac kendaraan beroda empat tidak hambar sebab metode AC tidak bersirkulasi. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab kompresor AC tidak berputar akan diulas lebih dalam pada postingan berikut ini.
Penyebab Kompresor AC Tidak Berputar
Kompresor AC dibagi jadi dua unit yakni unit kompresor sebaga penekan dan magnetic clutch selaku kopling yang tetapkan kapan kompresor melakukan pekerjaan dan kapan kompresor diam.
Kompresor yang tidak berputar tidak perlu sebab dari compressornya namun malah kian banyak sebab dari magnetic clutchnya yang tidak bekerja.
Untuk mengenali apa magnetic clutch yang hancur atau mungkin kompresor yang hancur, anda sanggup dengarkan bunyi "tek" di saat AC dihidupkan. Suara ini tampil sebab jaringan di antara pulley dengan magnetic clutch. Jika bunyi ini tidak tampil di saat AC dihidupkan, sebab itu ada potensi magnetic clutch yang hancur.
Anda dapat juga memerhatikan RPM mesin. Umumnya jikalau kompresor bekerja, stasioner mesin akan naik secara automatis. Tetapi jikalau stasoiner mesin masih konstan walau AC sudah ON, sanggup ditegaskan magnetic clutch memiliki masalah. Berikut ulsan terkait penyebab kompresor AC tidak berputar:
1. Sekering magnetic clutch putus
Penyebab kompresor ac tidak berputar yakni sekering magnetic clutch putus. Sekering atau fuse bahu-membahu berperan selaku pengaman perabotan dari susukan arus yang berlebihan. Sekering ini akan putus secara automatis jikalau arus yang mengucur ke magnetic clutch melalui arus yang dibolehkan.
Saat sekering sudah putus, sebab itu serangkaian kelistrikan ke magnetic clutch juga terputus hingga magnetic clutch tidak bekerja. Umumnya jikalau sekering putus kita cuman menukar sekering sama yang gres tetapi, sekering yang putus itu mengisyaratkan ada korsleting cuma sebab korsleting yang sanggup memacu mengucurnya arus yang di luar normal.
Oleh karenanya, di saat sebelum anda menukar sekering coba periksa serangkaian kabel magnetic clutch adakah yang mengelupas atau segi socketnya apa renggang atau gosong.
Sekering akan putus kembali sebab korlsetingnya belum diperbarui. Tetapi jikalau korsletingnya cuman periode pendek pola sebab keciprat air sebab itu di saat air itu kering, korsleting akan raib sendirinya hingga eksklusif ditukar sekeringnya juga tidak permasalahan.
Tetapi sebagian orang biasanya menukar sekering itu dengan kesanggupan kian tinggi, argumennya sebab jikalau ditukar dengan kesanggupan sama dengan akan putus terus hingga ditukar sama yang kian tinggi. Penggantian akan membesarkan limit arus yang dapat mengucur, resikonya magnetic clutch akan hancur di saat terjadi korsleting dan sanggup terbakar.
Jadi jikalau ada korsleting benahi dahulu, dan jangan hingga menukar sekering dengan kesanggupan kian tinggi.
Sekring magnetic clutch biasanya ada dalam fuse box yang berada di ruangan mesin. Ada banyak code sekring yang dipakai untuk mengisyaratkan sekring magnetic clutch ini, misalnya MGC pada sekring kendaraan beroda empat avanza, atau MG CLT pada kendaraan beroda empat Agya.
2. Relay Magnetic Clutch Rusak
Yang kedua relay magnetic clutch yang rusak sanggup memunculkan kompresor tidak berputar. Bila sekring magnetic clutch tidak putus, penyebab kompresor ac kendaraan beroda empat tidak berputar sehabis itu rusaknya relay magnetic clutch. Relay magnetic clutch melakukan pekerjaan secara elektromagnet, di saat sakelar ac di kabin di onkan, sebab itu arus listrik dengan beban yang kian besar akan mengucur ke kumparan magnetic clutch di kompresor ac. Dengan demikian, sakelar ac masih kondusif dan tehindar dari kerusakan sebab keistimewaan arus listrik.
Saat relay magnetic clutch ini hancur (short, atau kumparan terputus), sebab itu arus listrik yang dipakai untuk menawan magnetic clutch agar bisa menempel pada pulley kompresor jadi terputus. Mengakibatkan kompresor ac kendaraan beroda empat tidak berputar.
Untuk pahami hancur atau tidaknya relay ini, kawan dekat sanggup cobanya dengan mengubah relay yang modenya sama dengan yang biasanya berada di fuse box untuk elemen yang lain. Misalnya relay untuk klakson sanggup kawan dekat berpindah tempatnya ke kawasan relay magnetic clutch ini. berikutnya coba untuk hidupkan ac mobil.
3. Kerusakan pada magnetic clutch AC
Yang berikutnya penyebab kompresor ac tidak berputar sebab ada kerusakan pada devie magnetic clutch tersebut. Ini yakni elemen elektrikal yang mudah hancur, jadi anda tidak perlu sakit kepala kenapa magnetic clutch sanggup hancur.
Untuk tetapkan apa magnetic clucth hancur, mesti dites memakai multimeter. Triknya dengan mengusut arus input yang ke magnetic clutch. Jika ada arusnya sebab itu serangkaian O.K hingga yang hancur merupakan magnetic clutchnya.
Jalan keluar kerusakan magnetic clutch itu cuman satu yakni ditukar, sebab elemen ini sungguh-sungguh tertutup hingga sulit diperbarui.
4. Ada permasalahan pada sensor pementingan AC
Sensor pementingan freon AC ada di cuilan selang high pressure (selang berdiameter lebih kecil). Peranan sensor ini selaku salah satunya menjelaskan yang mengisyaratkan kapan magnetic clutch ON dan kapan magnetic clutch OFF.
Langkah kerjanya di saat AC dinyalakan sebab itu magnetic clutch akan ON namun di saat pementingan freon sudah capai optimal, sebab itu sensor ini akan menonaktifkan magnetic clutch hingga pementingan freon tidak makin bertambah dan berangsur turun.
Penekanan freon apabila meraih batas bawah maka sensor akan mengaktifkan magnetic clutch. Akibatnya pementingan freon kembali naik. Proses ini berlangsung sepanjang AC kendaraan beroda empat dihidupkan.
Kerusakan pada sensor sanggup membuat eror dalam soal aktifasi magnetic clutch. Misalkan di saat AC dinyalakan sebaiknya magnetic clutch ON namun sensor pementingan freon eror, sensor itu justru membaca pementingan freon tinggi hingga hingga kapan saja magnetic clutch tidak akan aktif.
Untuk permasalahan ini biasanya akan munculkan check engine pada dasbor kendaraan beroda empat anda. jalan keluarnya dengan menukar sensor.
5. Ada permasalahan pada sensor temperatur AC
Selain itu sensor temperatur AC yang rusak akan memengaruhi aktfasi magnetic clutch. Sensor ini berperan selaku masukan yang mengenali temperatur di dalam kabin.
Jadi ini relasi dengan kendali temperatur AC, jikalau kita menertibkan temperatur AC pada temperatur yang tidak begitu hambar (contoh 30 derajat) sebab itu sensor temperatur ini akan menonaktifkan magnetic clutch di saat temperatur kabin sudah capai 30 derajat. Dan sensor temperatur kembali akan hidupkan magnetic clutch di saat temperatur kabin turun dari 30 derajat.
Kerusakan sensor ini akan membuat pembacaan temperatur kabin eror, hingga sensor sanggup menonaktifkan magnetic clutch secara terus-terusan walau temperatur di dalam kabin sungguh panas. Jalan keluarnya sama, dengan lakukan perubahan sensor.
6. Fan belt AC putus
Penyebab kompresor ac kendaraan beroda empat tidak berputar yang paling permulaan merupakan putusnya fan belt ac. Fan belt ac ini berperan untuk menyambungkan pulley ac dengan pulley crankshaft pada mesin. Hingga, di saat mesin hidup dan berputar, sebab itu putarannya sanggup dipakai oleh pulley kompresor ac untuk memutar pompa dalam kompressor.
Saat kompresor ac kendaraan beroda empat tidak berputar, hal pertama yang perlu ditegaskan merupakan kondisi dari fan belt ac. Saat fan belt ac putus, sebab itu sanggup ditegaskan kompressor ac kendaraan beroda empat tidak dapat berputar. Untuk menanganinya terang, kawan dekat mesti menukar fan belt ac sama yang baru.
Apabila fan belt ac tidak putus dan pada kondisi baik akan membuat kompresor ac kendaraan beroda empat tidak berputar.
Diatas yakni ulasan terkait penyebab kompresor AC kendaraan beroda empat tidak berputar. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.
Posting Komentar
Posting Komentar