Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Busi Atau Spark Plug (Fungsi, Komponen, Dan Cara Kerja)

Busi atau Spark Plug - Busi atau spark plug adalah salah satu komponen penting dalam tata cara pengapian. Fungsi busi yakni untuk memercikan bunga api pada ruang bakar diakhir langkah kompresi. Percikan bunga api ini memiliki kegunaan untuk proses pembakaran adonan materi bakar dan udara sehingga mesin sanggup menciptakan tenaga untuk menggerakkan kendaraan.

Busi berisikan beberapa komponen. Komponen busi ini mempunyai fungsi dan kiprah masing-masing. Komponen busi berisikan insulator ceramic, elektroda tengah, elektroda samping, spark gap, dan lain sebagainya. Semua komponen busi tersebut diinginkan mudah-mudahan busi sanggup melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya.
Busi atau spark plug terdapat diurutan terakhir tata cara pengapian. Busi terletak di kepala silinder dengan ujung elektroda busi menghadap ke ruang bakar. Sementara kepala busi terhubung dengan kabel busi atau koil pengapian. 

Cara kerja busi atau spark plug mempergunakan beda tegangan antara eletroda tengah dengan elektroda samping. Listrik tegangan tinggi yang berasal dari koil dialirkan ke busi untuk menciptakan beda tegangan. Akibatnya loncatan atau percikan bunga api yang terdapat pada celah busi akan menciptakan suhu yang tinggi yang memiliki kegunaan untuk memperabukan adonan udara dan materi bakar. 

Untuk lebih jelasnya tentang busi atau spark plug akan diulas lebih lanjut pada postingan ini. Pembahasan mulai dari apa fungsi busi? Apa saja komponen busi? Bagaimana cara kerja busi atau spark plug?

Fungsi Busi (Spark Plug)

Fungsi busi atau spark plug yakni untuk merubah listrik tegangan tinggi yang dihasilkan oleh koil pengapian menjadi percikan bunga api yang digunakan untuk memperabukan adonan udara dan materi bakar.

Busi menciptakan percikan bunga api akhir beda berpotensi antara elektroda samping dengan elektroda tengah. Percikan ini digunakan untuk memperabukan adonan materi bakar dan udara yang terkompresi di ruang bakar. Percikan api ini ialah percikan elektrik yang cara kerjanya nyaris sama mirip petir atau halilintar tetapi dalam bentuk yang kecil.

Komponen Busi (Spark Plug)

Bagian-bagian busi atau konstruksi busi berisikan beberapa komponen. Komponen busi ini mempunyai fungsi yang berlainan satu dengan yang lain. Untuk lebih jelasnya berikut ialah pembahasan tentang komponen busi dan fungsinya.
salah satu komponen penting dalam tata cara pengapian Mengenal Busi atau Spark Plug (Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja)

1. Terminal

Terminal ialah salah satu komponen busi yang mempunyai fungsi selaku penghubung atau menyalurkan arus listrik dari koil atau kabel tegangan tinggi. Komponen ini yang dibikin dari baja dan dibikin seumpama nut mudah-mudahan sanggup digunakan untuk lebih banyak didominasi kabel busi atau koil pengapian.

2. Insulator

Insulator ialah salah satu komponen busi yang mempunyai fungsi selaku isolator batang terminal dan elektroda tengah dari cangkang busi. Dengan begitu maka arus listrik tegangan tinggi tidak mengalir keluar dari dari elektroda tengah. Selain itu fungsi insulator juga memindahkan panas dari busi ke kepala silinder. Pada biasanya insulator yang dibikin dari ceramic atau porselen.

3. Ribs/Corrugations

Ribs atau corrugations yakni salah satu komponen busi yang mempunyai fungsi selaku pencegah terjadinya arus listrik yang mengalir dari elektroda busi ke bodi besi. Proses mengalirnya arus listrik dari inti ke bodi busi ini sering disebut dengan flash over. Rib atau corrugations memiliki jarak antara inti dengan bodi yang ada disekitar besi.

4. Seal atau gasket

Seal atau gasket ialah salah satu komponen busi yang mempunyai fungsi selaku pembatas mudah-mudahan tidak terjadi kebocoran kompresi pada ruang bakar yang diakibatkan oleh adanya busi.

5. Metal Case

Metal case atau body ialah salah satu komponen busi yang mempunyai fungsi selaku pengunci busi ke silinder head. Selain itu metalcase sanggup berfungsi selaku konduktor untuk meneruskan panas dari busi ke kepala silinder. 

6. Thread

Thread ialah salah satu komponen busi yang mempunyai fungsi selaku ulir untuk mengunci busi ke penggalan kepala silinder. Thread berisikan ulir yang memiliki ukuran tertentu mudah-mudahan busi tetap berada ditempatnya walaupun memperoleh tekanan yang tinggi dari ruang bakar. 

7. Insulator Tips

Insulator kiat ialah salah satu komponen busi yang mempunyai fungsi selaku penahan panas dari ruang bakar dan beban listrik yang tinggi sampai 60000 volt. Oleh sebab itu insulator kiat yang dibikin dari materi yang tahan panas.

8. Elektroda Tengah

Elektroda tengah ialah salah satu komponen busi yang mempunyai fungsi selaku inti penyaluran listrik bertegangan tinggi pada busi. Inti elektroda tengah tersebut terhubung dengan kepala busi lewat batang terminal yang dilapisi dengan ceramic pada penggalan luar.

9. Elektroda Samping atau Ground

Elektroda samping ialah salah satu komponen busi yang mempunyai fungsi selaku massa atau terminal negatif dari busi. Elektroda samping ialah penggalan dari busi yang terhubung dengan bodi mesin. Selain itu, penggalan ini juga terhubung dengan ruang bakar sehingga mesti memiliki kesanggupan menghantarkan listrik yang bagus dan tahan kepada temperatur tinggi.

Cara Kerja Busi (Spark Plug)

Cara kerja busi bahwasanya sama mirip petir yang menghandalkan perbedaan berpotensi tegangan antara elektroda tengah dengan elektroda samping. Hal ini yang mengakibatkan terjadi percikan bunga api yang digunakan untuk pembakaran adonan materi bakar dan udara yang ada diruang bakar.

Ignition menciptakan tegangan listrik sampai 20000 volt atau lebih dari induksi elektromagnet. Energi listrik bertegangan tinggi ini kemudian dialirkan ke busi lewat kabel tegangan tinggi. Saat arus listrik belum mengalir ke elektroda tengah busi maka gas adonan materi bakar dan udara yang berada di celah busi akan bersifat isolator.
Namun dikala energi listrik tegangan tinggi mengali maka akan mengakibatkan terjadinya perbedaan berpotensi listrik antara elektroda tengah dengan elektroda samping. Hal ini mengakibatkan struktur gas diantara keduanya akan berubah. Saat perbedaan tegangan telah melampaui kekuatan dielektrik gas, maka struktur gas akan meningkat menjadi konduktor.  

Hal ini yang mengakibatkan arus listrik tegangan tinggi mengalir dari elektroda tengah ke elektroda samping dan mengakibatkan mirip loncatan bunga api atau ledakan kecil. Ledakan kecil ini diakibatkan oleh gas yang telah terkompresi serta temperatur di celah busi meningkat sampai 60000 kelvin. Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya proses pembakaran pada ruang bakar.

Diatas ialah pembahasan tentang busi atau spark plug. Pembahasan mulai dari fungsi busi, komponen busi, serta cara kerja busi.

Related Posts

Posting Komentar