Jenis Rem Cakram - Ada beberapa jenis rem cakram yang dipakai pada kendaraan. Jenis rem cakram ini digolongkan dari banyak sekali klasifikasi. Kita pahami sebetulnya rem cakram merupakan salah satu jenis rem yang menggunakan bidang gesek berupa cakram atau piringan.
Pada rem cakram berisikan banyak sekali komponen. Namun intinya terdapat tiga komponen penting merupakan cakram. caliper, dan brake pad. Mekanisme dari ketiga komponen tersebut yang menghasilkan rem cakram sanggup melakukan pekerjaan untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Piston pada caliper akan merubah tenaga hidrolis menjadi tenaga untuk mendorong kampas rem biar menjepit cakram.
Kendaraan berisikan banyak sekali bentuk dan ukuran. Oleh lantaran itu gaya pengereman pada kendaraan juga berbeda-beda. Kendaraan yang besar pastinya memiliki saat-saat yang besar. Oleh lantaran itu memerlukan gaya pengereman yang besar. Sebaliknya, kendaraan yang kecil pastinya juga memerlukan gaya pengereman yang kecil juga. Oleh lantaran itu diperlukan jenis rem cakram yang sanggup diubahsuaikan dengan keperluan kendaraan.
Lalu apa saja jenis rem cakram yang dipakai pada kendaraan? Berikut akan dibahas perihal banyak sekali jenis rem cakram yang banyak dipakai pada kendaraan secara lebih terang dan lengkap.
Jenis Rem Cakram
Terdapat beberapa pembagian terorganisir perihal jenis rem cakram yang banyak dipakai pada kendaraan. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan perihal jenis rem cakram.1. Jenis Rem Cakram Berdasarkan Jenis Caliper Yang Di Gunakan
Menurut caliper atau piringan cakram yang digunakan, rem cakram sanggup digolongkan menjadi beberapa jenis.
a. Fixed Caliper
Fixed caliper merupakan salah satu jenis rem cakram yang menggunakan caliper yang tidak bergeser atau tetap pada posisinya. Fixed caliper memiliki dua buah piston. Oleh lantaran itu di saat dijalankan proses pengereman maka kedua piston akan merubah tenaga hidrolis yang dihasilkan oleh master cylinder menjadi tenaga mekanis. Tenaga mekanis ini dimanfaatkan untuk mendorong kampas rem dari dua segi sehingga kampas rem akan menjepit piringan cakram.
Tentunya kendaraan juga berisikan beberapa jenis. Ada yang berskala besar, ada yang berskala kecil. Oleh lantaran itu memerluka gaya pengereman yang berbeda-beda lantaran saat-saat kendaraan juga berbeda. Oleh lantaran itu dibuatlah jenis rem cakram tipe fixed ini yang memiliki dua buah piston. Oleh lantaran itu gaya pengereman pada rem cakram tipe fixed besar dibandingkan dengan rem cakram dengan satu piston. Jenis rem cakram tipe fixed ini cocok dipakai untuk kendaraan yang lebih besar.
Namun untuk perbaikan pastinya memerlukan kesanggupan ekstra. Hal ini dikarenakan rem cakram tipe fixed berisikan dua piston. Oleh lantaran itu semisal ada kerusakan piston perlu merubah part yang lebih banyak. Tentunya ongkos juga akan lebih banyak.
b. Floating Caliper
Rem cakram tipe floating caliper merupakan salah satu jenis rem cakram yang menggunakan caliper yang sanggup bergeser. Floating caliper atau kaliper rem yang mengambang menggunakan satu buah piston untuk mendorong dua buah kampas rem atau brake pad. Caliper rem akan bergerak kekanan dan kekiri di saat pedal rem ditekan atau dilepas.
Pada di saat dijalankan pengereman, maka tenaga hidrolis akan diteruskan ke piston rem. Piston rem akan mendorong kampas rem pada satu sisi. Selain itu piston yang bergerak ini akan ikut mendorong caliper yang bebas sehingga ikut bergerak untuk menekan kampas pada segi lainnya. Hal ini akan membuat kedua kampas rem terdorong dan menjepit disc brake atau piringan cakram sehingga terjadi proses pengiriman.
Pada jenis rem cakram tipe floating caliper cuma memiliki satu buah piston. Oleh lantaran itu gaya pengereman pada jenis rem cakram ini kurang. Dalam penggunaannya biasanya untuk kendaraan-kendaraan berskala kecil utamanya pada kendaraan roda dua yang memang tidak memerlukan gaya pengereman yang besar.
Jenis Rem Cakram Berdasarkan Jumlah Piston Yang Di Gunakan
Menurut jumlah piston yang digunakan, rem cakram sanggup dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut merupakan penggolongan rem cakram menurut jumlah piston yang digunakan.
a. Rem Cakram Tipe Single Piston
Rem cakram tipe single piston merupakan salah satu jenis rem cakram yang memiliki satu buah piston pada calipernya. Pada penggunaannya biasanya dipakai pada floating caliper. Pada jenis rem cakram tipe single piston, kampas rem cuma stress pada satu sisinya sehingga pada proses pengereman kurang merata. Hal ini membuat gaya pengereman yang dihasilkan tidak terlampau besar.
Oleh lantaran itu, rem cakram tipe single piston tidak dapat dipakai pada kendaraan yang memiliki ukuran cukup besar. Hal ini dikarenakan gaya pengereman yang tidak besar tidak dapat memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Rem cakram tipe single piston banyak dipakai pada kendaraan-kendaraan berskala kecil utamanya kendaraan roda dua atau sepeda motor.
b. Rem Cakram Tipe Double Piston
Rem cakram tipe double piston merupakan salah satu jenis rem cakram yang memiliki dua buah piston pada calipernya. Dua buah piston ini dipasang pada dua segi baik kanan dan kiri. Penggunaannya pada fixed caliper. Pada jenis rem cakram tipe double piston, kampas rem stress pada kedua segi sehingga dorongan kampas rem terjadi secara merata. Gaya pengereman yang dihasilkan pada rem cakram tipe double piston lebih besar dibandingkan dengan single piston.
Oleh lantaran itu, rem cakram tipe double piston banyak dipakai pada kendaraan yang memiliki ukuran lebih besar. Hal ini disebabkan kendaraan memerlukan gaya pengereman yang lebih besar untuk menghentikan laju kendaraan. Namun pada tipe ini konsep cukup rumit sehingga perawatan dan perbaikan juga akan lebih sulit.
Jenis Rem Cakram Berdasarkan Jenis Disc Brake Yang Di Gunakan
Menurut jenis disc brake atau piringan cakram yang digunakan, rem cakram sanggup digolongkan menjadi beberapa jenis. Berikut merupakan jenis rem cakram menurut jenis disc brake yang digunakan.
a. Rem Cakram Tipe Solid Disc
Rem cakram tipe solid disc merupakan salah satu jenis rem cakram yang menggunakan disc brake solid atau tidak terdapat ronga atau lubang. Pada jenis rem cakram tipe solid disc biasanya dipakai pada kendaraan yang berskala besar dikarenakan bidang gesek pada disc brake tipe solid lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain itu pada rem cakram tipe solid disc memiliki ketebalan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis disc brake lainnya. Oleh lantaran itu dalam penggunaannya memiliki rentang waktu yang lebih serta bisa menahan beban yang lebih besar.
b. Rem Cakram Tipe Ventilated Disc
Rem Cakram tipe ventilated disc merupakan salah satu jenis rem cakram yang menggunakan disc brake yang memiliki rongga atau lubang untuk pendinginan. Pada jenis rem cakram tipe ventilated disc biasanya dipakai pada kendaraan yang berskala tidak terlampau besar. Kebanyakan dipakai pada kendaraan roda dua. Hal ini disebabkan lantaran bidang gesek pada disc brake jenis ventilated disc tidak sebesar solid disc. Oleh lantaran itu gaya pengereman yang dihasilkan juga tidak terlampau besar. Ventilated disc memiliki ketebalan yang lebih kecil dibandingkan dengan tipe solid disc. Namun lantaran terdapat rongga atau lubang maka proses pelepasan panas atau pendinginan pada jenis rem cakram ini lebih baik dibandingkan dengan tipe solid disc.
Jenis Rem Cakram Berdasarkan Mekanisme Penggerak
Berdasarkan prosedur penggerak, rem cakram sanggup digolongkan menjadi beberapa jenis. Berikut merupakan jenis rem cakram menurut prosedur penggeraknya.
a. Rem Cakram Tipe Mekanis
Rem cakram tipe mekanis merupakan salah satu jenis rem cakram yang menggunakan kabel atau kawat baja selaku penggeraknya. Oleh lantaran itu disebut mekanis lantaran jenis rem cakram ini masih digerakkan secara mekanis mempergunakan tenaga dari pengemudi. Namun pada umumnya, jenis rem cakram tipe mekanis tidak dipakai pada kendaraan bermotor dikarenakan gaya pengereman yang sungguh kecil lantaran pelopor caliper sepenuhnya mempergunakan tenaga pengemudi. Oleh lantaran itu keamanan dan keamanan berkendara di saat kecepatan tinggi akan kurang tercukupi oleh rem cakram tipe mekanis.
b. Rem Cakram Tipe Hidrolis
Rem cakram tipe hidrolis merupakan salah satu jenis rem cakram yang menggunakan fluida atau minyak rem selaku penggeraknya. Prinsipnya menggunakan aturan pascal merupakan fluida yang diberi tekanan akan menyebar ke seluruh arah. Rem cakram tipe hidrolis merupakan jenis rem cakram yang dipakai pada kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan tenaga hidrolis sanggup diteruskan ke caliper rem tanpa adanya kerugian serta efisiensi yang sungguh baik. Oleh lantaran itu gaya pengereman yang dihasilkan juga besar sehingga sanggup menghentikan atau memperlambat laju kendaraan.
Diatas merupakan pembahasan perihal jenis rem cakram. Dari banyak sekali jenis rem cakram tersebut sanggup memperbesar pengetahuan pengetahuan.
Posting Komentar
Posting Komentar