Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Fungsi Kunci Inggris, Bagian, Ukuran, Dan Cara Menggunakan (Adjustable Spanner)

Fungsi Kunci Inggris - Kunci inggris atau yang dipahami dengan adjustable spanner atau adjustable wrench yakni salah satu jenis alat tangan atau hand tools. Kunci inggris yakni suatu perlengkapan tangan yang mempunyai kegunaan untuk merenggangkan dan mengencangkan baut dan ukurannya sanggup diadaptasi dengan ukuran mur/baut. 

Mengingat sering ditemukannya kunci inggris dalam workshop otomotif, maka perlu dikenali aneka macam hal mengenai kuci inggris.. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi kunci inggris, bagian, dan cara memakai akan dibahas pada postingan berikut ini.

Fungsi Kunci Inggris

Fungsi kunci inggris yakni untuk melepas dan mengencangkan baut/mur ketika ukuran kunci pass atau ring tidak ada yang sesuai. Kunci inggris ini sanggup kita gunakan ketika tidak ada kunci yang tepat dengan kita butuhan. Oleh alasannya itu kita sanggup memakai kunci inggris atau adjustable spanner ini.
 
Walaupun begitu kunci ini dilarang digunakan untuk baut atau mur dengan beban yang berat. Hal ini dikarenakan sanggup menghancurkan bab permukaan baut ataupun kunci itu sendiri. Oleh alasannya itu kunci inggris berfungsi selaku pengganti darurat saja.
 
Cukup dengan memutar skrup penyetel, maka ukuran rahang dari kunci inggris akan berubah sesuai dengan yang kita butuhkan. Apabila memutar searah jarum jam maka rahang akan menjadi sempit. Sebaliknya apabila skrup penyetel diputar bertentangan arah jarum jam maka rahang akan membuka atau kian lebar.
 Kunci inggris atau yang dipahami  dengan adjustable spanner atau adjustable wrench yakni s Fungsi Kunci Inggris, Bagian, Ukuran, Dan Cara Menggunakan (Adjustable Spanner)

Bagian Kunci Inggris

Kunci inggris atau adjustable spanner terbagi menjadi beberapa bab utama. Bagian-bagian kunci ingris yaitu

1. Rahang Diam

Rahang membisu pada kunci inggris menyatu dengan gagang atau lengan. Rahang membisu yakni bab dari kunci inggris yang membisu atau statis pada ketika skrup penyetel diputar.

2. Rahan Geser

Rahang geser disatukan dengan rel yang mau berubah ubah apabila skrup penyetel diputar. Hal ini yang membuat ukuran rahang kunci inggris sanggup berubah ubah sesuai kebutuhan.

3. Skrup/Ulir Penyetel

Skrup atau ulir penyetel ialah bab dari kunci inggris yang berfungsi untuk memindah ukuran rahang geser biar sesuai dengan ukuran mur atau baut. Skrup atau ulir penyetel ini sanggup diputar ke kiri dan ke kanan.

4. Lengan/Gagang 

Lengan atau gagang berfungsi selaku pegangan atau gagang ketika kunci inggris di putar.

Ukuran Kunci Inggris

Kunci inggris berisikan beberapa ukuran. Ukuran kunci inggris ini mulai dari 4 inch (114 mm) hingga 24 inch (612 mm). Ukuran ini ialah ukuran panjang dari kunci inggris. Sementara itu untuk ukuran kudapan dari rahang kunci inggris atau adjustable spanner yakni 13 mm hingga 62 mm.
 
Untuk mempermudah, berikut ialah ukuran kunci inggris baik panjang maupun pembukaan rahangnya.
 Kunci inggris atau yang dipahami  dengan adjustable spanner atau adjustable wrench yakni s Fungsi Kunci Inggris, Bagian, Ukuran, Dan Cara Menggunakan (Adjustable Spanner)
Sebagai contoh, rahang ukuran 8 inch sanggup digunakan untuk membuka baut atau mur berskala 24.05 mm. Apabila melampaui ukuran tersebut maka tidak sanggup dijangkau oleh kunci inggris dengan ukuran 8 inch. Ukuran rahang terbuka ialah ukuran maksimum untuk kepala baut atau mur yang sanggup ditarik dengan kunci inggris tersebut.

Cara Menggunakan Kunci Inggris

Dalam penggunaan kunci inggris mesti betul-betul memperhatikan prosedurnya dikarenakan posisi rahang yang sanggup digeser-geser. Hal ini berencana biar kunci inggris sanggup digunakan dalam rentang waktu yang cukup lama. 
 Kunci inggris atau yang dipahami  dengan adjustable spanner atau adjustable wrench yakni s Fungsi Kunci Inggris, Bagian, Ukuran, Dan Cara Menggunakan (Adjustable Spanner)
Berbagai kesalahan dalam penggunaan kunci inggris sanggup membuat aneka macam kerusakan baik alat, bahan, ataupun penggunanya. Oleh alasannya itu perlu dikenali bagaimana cara memakai kunci inggris atau adjustable spanner yang benar. Berikut cara memakai kunci inggris yang benar:
  1. Menyetel rahang geser sesuai dengan ukuran kepala baut atau mur. Untuk menyetel rahang geser kunci inggris sanggup memutar ke kiri untuk menutup dan ke kanan untuk membuka rahang geser. Pastikan posisi rahang sanggup menjamah semua segi baut atau mur dengan rapat. Dengan kata lain posisi baut atau mur terletak pada pangkal rahang.
  2. Setelah sesuai amati juga posisi rahang. Selalu gunakan rahang tetap selaku rujukan atau dengan kata lain posisi rahang tetap senantiasa berada diatas tergantung arah putaran kunci.
  3. Memutar lengan kunci inggris dengan cara menarik. Jangan sekali kali memutar kunci inggris dengan cara mendorong alasannya sanggup membuat kecelakaan kerja.

Perawatan Kunci Inggris

Dalam perawatan kunci inggris bekerjsama nyaris sama dengan alat handtools lainnya. Walaupun begitu perawatan kunci inggris atau adjustable spanner mesti sesuai dengan mekanisme biar alat sanggup abadi dan sanggup digunakan dalam rentang waktu yang lama. Berikut cara merawat kunci inggris atau adjustable spanner:
  1. Membersihkan kunci inggris atau adjustable spanner dari kotoran
  2. Memberikan sedikit pelumas pada bab kunci inggris yang bergerak.
  3. Menempatkan kunci inggris pada kawasan yang kering biar tidak gampang terjadi karat. 
  4. Menggunakan alat sesuai dengan mekanisme yang benar.
Diatas ialah pemabahasan mengenai fungsi kunci inggris, bagian, ukuran, dan cara menggunakannya. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar