Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Charcoal Canister (Fungsi Dan Cara Kerja)

Posting Komentar

Charcoal Canister - Charcoal canister ialah salah satu komponen materi bakar. Charcoal canister memiliki peranan dan fungsi yang sungguh penting. Terkait fungsi dan cara kerja charcoal canister akan dibahas pada postingan berikut ini.

Bensin ialah materi bakar utama untuk menyalakan mesin. Bahan bakar ini berisikan banyak sekali senyawa yang berbahaya, selaku referensi hidrocarbon. Gas hidrocarbon dihasilkan dari proses pembakaran maupun penguapan materi bakar.

Sementara itu, materi bakar senantiasa disimpan pada tangki materi bakar. Hal ini memungkinkan terjadinya penguapan materi bakar yang sanggup menciptakan hidrocarbon. Selain itu uap hidrocarbon ini dihentikan dibuang secara eksklusif diudara bebas. Oleh alasannya yakni itu dikehendaki sebuah alat yang sanggup digunakan untuk mengurai hidrocarbon ini yakni charcoal canister. Untuk lebih jelasnya perihal fungsi dan cara kerja charcoal canister akan dibahas pada postingan berikut ini.

Fungsi Charcoal Canister

Charcoal canister ialah salah satu komponen metode materi bakar. Fungsi charcoal canister yakni selaku wilayah memuat uap materi bakar yang terjadi pada tangki materi bakar dan ruang pelampung. Selanjutnya uap materi bakar yang terdapat pada charcoal canister akan diantarkan kembali ke ruang silinder untuk menekan tingkat polusi hidrocarbon. Selain itu juga berfungsi untuk menekan pemborosan materi bakar.

Uap materi bakar yang dihasilkan pada tangki materi bakar akan disalurkan pada jalan masuk masuk atau intake manifold. Baik mesin konvensional maupun injeksi telah menggunakan charcoal canister untuk meminimalisir kadar hidrocarbon yang dikeluarkan oleh kendaraan. Perbedaannya pada mesin injeksi telah terintegrasi dengan ECU lewat katup EVAP.

 Charcoal canister ialah salah satu komponen materi bakar Mengenal Charcoal Canister (Fungsi Dan Cara Kerja)

Cara Kerja Charcoal Canister

Cara kerja charcoal canister gotong royong sungguh sederhana. Untuk lebih jelasnya perihal cara kerja charcoal canister selaku berikut.

1. Saat Mesin Mati

Saat mesin mati maka tidak ada penyaluran materi bakar ke ruang bakar. Apabila disekitar kendaraan memiliki suhu yang panas maka materi bakar akan menguap. Uap materi bakar ini yang mau ditampung oleh tabung charcoal canister lewat jalan masuk ventilasi. Uap materi bakar akan disaring dan dipisahkan sebelum disimpan.

Uap materi bakar yang disimpan pada charcoal canister akan dialirkan kedalam intake manifold ataupun katup EVAP untuk mesin EFI. Selanjutnya uap materi bakar akan dialirkan kedalam ruang bakar kemudian dibakar untuk meminimalisir pengaruh hidrocarbon dari materi bakar.

2. Saat Mesin Hidup

Saat mesin hidup maka akan muncul kevakuman pada ruang bakar. Hal ini akan mengakibatkan uap materi bakar akan tersedot dan masuk lewat canister purge valve. Katup ini melakukan pekerjaan satu arah untuk menangkal mesin mati jawaban kebocoran gas. Sementara untuk mesin EFI canister purge valve diganti oleh EVAP yang dikelola secara elektrik oleh ECU.

Diatas ialah pembahasan perihal charcoal canister baik fungsi charcoal canister dan cara kerja charcoal canister. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan ilmu pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar