Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal 4 Cara Membersihkan Injektor Mobil

Posting Komentar
Cara Membersihkan Injektor - Injektor merupakan salah satu bab yang mesti dijalankan pembersihan. Membersihkan injektor perlu dijalankan biar injektor sanggup menginjeksikan materi bakar dengan lancar. Lalu bagaimana cara membersihkan injektor?

Injektor memiliki peranan yang sungguh vital pada tata cara materi bakar injeksi. Injektor berfungsi untuk menginjeksikan materi bakar biar sesuai dengan keperluan mesin pada di saat proses pembakaran terjadi. Oleh alasannya merupakan itu injektor mesti senantiasa melakukan pekerjaan dengan baik.

Apabila terjadi kerusakan pada injektor pastinya akan membuat mesin tidak akan melakukan pekerjaan dengan normal. Misalnya menyerupai mesin tersendat sendat, pincang, dan lain sebagainya. Oleh alasannya merupakan itu perbaikan dan perawatan kepada injektor perlu dijalankan secara berkala.

Namun anda sanggup menjalankan perawatan injektor secara terpola dirumah tanpa mesti tiba ke dealer resmi. Ada beberapa cara membersihkan injektor yang sanggup dijalankan dirumah. Untuk lebih jelasnya tentang cara membersihkan injektor akan dibahas pada postingan berikut ini.

Cara Membersihkan Injektor

Berikut merupakan pembahasan tentang cara membersihkan injektor baik pada motor maupun mobil.

1. Membersihkan Injektor Dengan Carbon Cleaner

Cara yang paling simpel untuk membersihkan injektor yakni degnan mencampurkan cairan pembersih kedalam tangki materi bakar. Cairan pembersih ini lebih dipahami dengan carbon cleaner. Cairan pembersih ini akan mengikis aneka macam kotoran yang sanggup menyumbat atau mengusik kinerja dari injektor.

Cara menggunakan carbon cleaner berbarengan sungguh mudah yakni tinggal mencampurkan cairan tersebut kedalam tangki materi bakar yang sudah berisi 3.5-5 liter. Selain itu pencampuran cairan pembersih dijalankan setidaknya 300 ribu km sekali.

Namun cara ini kurang efektif untuk membersihkan injektor. Cairan pembersih juga akan menenteng kotoran yang terdapat pada tangki materi bakar, filter, atau jalan masuk materi bakar menuju injektor. Akibatnya kotoran akan masuk kedalam injektor dan diinjeksikan kedalam ruang bakar. Dengan adanya kotoran membuat deposit pada ruang bakar.
 Injektor merupakan salah satu bab yang mesti dijalankan pencucian Mengenal 4 Cara Membersihkan Injektor Mobil

2. Membersihkan Injektor Dengan Injector Cleaner

Selain menggunakan cairan pembersih, cara membersihkakn injektor yang cukup efektif merupakan menggunakan alat khusus. Alat khusus pembersih injektor ini lebih dipahami dengan injektor cleaner. Namun tidak siapa pun atau bengkel yang memiliki alat khusus ini melainkan cuma pada bengkel menengah - tinggi.

Pembersihan menggunakan injektor cleaner mewajibkan injektor dilepas dari mesin. Injektor yang terlepas kemudian direndam menggunakan cairan pembersih dan diposisikan pada wadah yang bergetar. Getaran ultrasonic yang ditimbulkan oleh alat injektor cleaner akan membuat aneka macam kotoran yang terdapat pada injektor akan rontok. Kotoran-kotoran ini kemudian akan terlarut dalam cairan pembersih.

Setelah dijalankan pencucian maka injektor akan dipasang pada jalan masuk dan dihadapkan pada gelas ukur bening. Selanjutnya injektor cleaner akan membuat injektor menyemprotkan materi bakar. Arah semprotan dan jumlah semprotan sanggup dicek sesuai dengan tolok ukur yang ada.

Apabila hasil baik maka injektor sanggup dipasang kembali pada tata cara materi bakar. Namun apabila terdapat hasil yang tidak cocok maka perlu dijalankan pencucian dan pengecekan ulang. Akan tetapi apabila hasil tetap sama maka perlu dijalankan penggantian unit.
 Injektor merupakan salah satu bab yang mesti dijalankan pencucian Mengenal 4 Cara Membersihkan Injektor Mobil

3. Membersihkan Injektor Dengan Infus

Cara membersihkan injektor yang terakhir merupakan dengan metode infus. Banyak bengkel yang sudah menampilkan proses pencucian injektor dengan metode infus. Pembersihan dengan metode infus memerlukan alat khusus menyerupai infus.

Berbeda dengan menggunakan injektor cleaner, cara membersihkan injektor dengan metode infus tidak perlu proses pembongkaran injektor. Selang materi bakar akan dilepas dan disambungkan pada tabung yang sebelumnya sudah diisi carbon injektor. Tabung tersebut diisi udara bertekanan yang digunakan untuk memasukkan carbon cleaner ke ruang bakar.

Setelah itu mesin dinyalakan sambil digas. Untuk pencucian injektor dengan metode infus memerlukan waktu kurang lebih 5 menit hingga mesin mati sendiri dikarenakan kekurangan materi bakar. Cara ini cukup efektif alasannya merupakan kotoran akan ikut terdorong dengan udara bertekanan dan carbon cleaner.
 Injektor merupakan salah satu bab yang mesti dijalankan pencucian Mengenal 4 Cara Membersihkan Injektor Mobil

Prosedur Membersihkan Injektor

Terdapat beberapa mekanisme yang sanggup dijalankan untuk membersihkan materi bakar biar sanggup melakukan pekerjaan dengan maksimal. Berikut ulasan lebih terang tentang mekanisme membersihkan injektor.
  1. Proses pencucian dengan menggunakan carbon cleaner dijalankan dengan rentang jarak 300 km. Selain itu perbandingan carbon cleaner merupakan 1 botol dengan 3.5 - 5 liter materi bakar.
  2. Sebelum proses pencucian injektor perlu dijalankan pencucian kepada fuel filter atau filter bensin. Apabila filter bensin tidak dibersihkan maka pencucian injektor percuma alasannya merupakan banyak kotoran yang terdapat pada filter materi bakar.
  3. Apabila dijalankan pembongkaran injektor maka lepas relay atau sekering fuel pump hingga mesin mati sendiri untuk menentukan tidak adanya tekanan pada jalan masuk materi bakar.
  4. Melepas injektor pada bab pipa atau selang yang paling bersahabat dengan injektor. Namun setiap mesin memiliki konstruksi yang berbeda-beda sehingga pembongkaran juga mesti memperhatikan konstruksi mesin.
  5. Saat membongkar injektor mesti dijalankan secara hati hati biar tidak menghancurkan seal.  
  6. Setelah injektor terlepas maka seal perlu dilepas secara hati-hati biar supaya tidak rusak, gores, atau cacat. Selain itu seal wajib dilepas biar tidak rusak di saat dijalankan proses pembersihan. Hal ini dikarenakan cairan pembersih bersifat menghancurkan karet seal.
Diatas merupakan beberapa ulasan tentang cara membersihkan injektor. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar