Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Sudut Dwell Dan Sudut Pengapian (Pengertian, Dampak)

Posting Komentar
mqhHvigUsyPIpdJkCLzfoYFwsXQlRgCLcBGAsYHQ Mengenal Sudut Dwell dan Sudut Pengapian (Pengertian, Dampak)
Sudut Dwell dan Sudut Pengapian - Sistem pengapian memiliki dua jenis yakni metode pengapian konvensional dan metode pengapian elektronik. Pada metode pengapian konvensional mempergunakan sudut dwell dan sudut pengapian untuk menciptakan api yang besar lengan berkuasa untuk proses pembakaran. Lalu apa sebenarnya sudut dwell dan sudut pengapian?

Pada metode pengapian konvensional menggunakan kontak platina atau breaker point untuk menciptakan bunga api yang besar lengan berkuasa untuk proses pembakaran. Kinerja kontak platina ini bermitra dengan kedua sudut tersebut. Untuk mengendalikan bagaimana kontak platina membuka dan menutup, sudut dwell dan sudut pengapian memiliki peranan yang sungguh penting. Selain itu sudut dwell dan sudut pengapian akan menyesuaikan kerja kontak platina mudah-mudahan sesuai dengan keperluan mesin.

Oleh alasannya itu sudut dwell dan sudut pengapian memiliki peranan yang sungguh penting. Apabila sudut dwell dan sudut pengapian tidak cocok maka sanggup memunculkan banyak sekali permasalahan pada kinerja mesin. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian sudut dwell dan pengertian sudut pengapian akan dibahas pada postingan berikut ini.

Pengertian Sudut Dwell

Pengertian sudut dwell yakni sudut yang terbentuk dikala kontak platina menutup hingga kontak platina mulai membuka. Artinya sudut dwell yakni sudut yang terbentuk lamanya kontak platina menutup. Ketika kontak platina menutup maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke kumparan primer koil untuk menciptakan induksi elektromagnet.  

Kontak platina akan menutup dikala breaker point kehilangan rujukan pada cam lobe. Cam lobe ini yakni tonjolan yang terdapat pada poros agen untuk mengendalikan kerja dari kontak platina dan diubahsuaikan dengan putaran mesin. Selain itu besarnya sudut yang terbentu dikala platina menutup ini juga diubahsuaikan dengan spesifikasi mesin. Mesin 4 cylinder pastinya memiliki sudut dwell yang berlainan dengan mesin 3 cylinder, begitu juga sebaliknya.

Pengertian Sudut Pengapian

Pengertian sudut pengapian yakni sudut yang terbentuk dikala kontak platina mulai membuka hingga mulai membuka pada tonjolan cam selanjutnya. Artinya sudut pengapian yakni besarnya sudut yang diperlukan oleh mesin untuk satu kali proses pengapian. Proses pengapian ini terjadi pada satu langkah tiap cylinder. Oleh alasannya itu untuk mengenali besarnya sudut pengapian sanggup dijalankan dengan satu putaran atau 360 derajat dibagi Z atau jumlah cylinder.

Cara Menghitung Sudut Dwell atau Sudut Pengapian

Sudut dwell dan sudut pengapian sanggup dipahami nilainya lewat perhitungan, buku manual, ataupun menggunakan alat ukur. Didalam buku manual sendiri terdapat banyak sekali tolok ukur tergolong besarnya sudut dwell. Selain itu terdapat juga alat ukur dwell tester yang digunakan untuk mengenali besarnya sudut dwell secara otomatis. 

Namun selain menggunakan kedua cara tersebut, terdapat cara menjumlah sudut dwell dan sudut pengapian. Terdapat rumus perkiraan yang sanggup digunakan untuk mengenali besarnya sudut dwell dan sudut pengapian.
Sudut Pengapian = 360 (1 Putaran) : Z (Jumlah Silinder)
Dengan menggunakan rumus tersebut maka akan ditemukan besar sudut pengapian selaku berikut:
  1. Sudut Pengapian Mesin 3 Silinder = 360:3= 120 derajat
  2. Sudut Pengapian Mesin 4 Silinder = 360:4= 90 derajat
  3. Sudut Pengapian Mesin 6 Silinder = 360:6= 60 derajat
  4. Sudut Pengapian Mesin 8 Silinder = 360:8= 45 derajat
Sementara itu untuk cara menjumlah sudut dwell sedikit berlainan dengan sudut pengapian. Cara menjumlah sudut dwell yaitu
Sudut Dwell = 60% x Sudut Pengapian = 60% x (360:Z) (tingkat toleransi lebih kurang sebesar 2
Dengan menggunakan rumus tersebut maka akan ditemukan besar sudut dwell selaku berikut:
  1. Sudut Dwell Mesin 3 Silinder = 60% x 120 = 72 土 2
  2. Sudut Dwell Mesin 4 Silinder = 60% x 90 = 54 土 2
  3. Sudut Dwell Mesin 6 Silinder = 60% x 60 = 36 土 2
  4. Sudut Dwell Mesin 8 Silinder = 60% x 45 = 27 土 2

Pengaruh Sudut Dwell Terahadap Pengapian

Sudut dwell mesti senantiasa sesuai dengan standar. Oleh alasannya itu pada proses tune up mesti mengerjakan penyetelan sudut dwell. Penyetelan sudut dwell sebenarnya sungguh gampang yakni tinggal mengganti gap atau celah dari kontak platina.

Besarnya sudut dwell berbanding terbalik dengan celah platina. Apabila celah platina terlalu besar maka sudut dwell akan kian kecil. Sebaliknya apabila celah platina terlalu kecil maka sudut dwell akan kian besar. Hal ini dikarenakan besarnya celah platina akan mempengaruhi lamanya kontak platina menutu.

Apabila besarnya sudut dwell tidak tolok ukur maka akan timbul banyak sekali permasalahan pada metode pengapian. Pada metode pengapian konvensional, besarnya bunga api tergantung dari besarnya tegangan listrik yang terjadi pada kumparan sekunder koil. Lonjakan tegangan listrik ini dihasilkan lewat proses induksi elektromagnet dan pemutusan mendadak arus listrik yang mengalir pada kumparan primer koil.  Lalu apa pengaruh sudut dwell kepada pengapian?

1. Sudut Dwell Terlalu Kecil 

Sudut dwell terlalu kecil mengambarkan bahwa celah kontak platina yang terlalu besar. Apabila celah terlalu besar maka akan memunculkan arus yang mengalir ke kumparan primer koil sebentar. Hal ini diakibatkan alasannya durasi penutupan kontak platina juga sebentar. Akibat dari arus yang mengalir ke kumparan primer koil sebentar memunculkan timbulnya induksi elektromagnet pada kumparan sekunder kecil. Hal inilah yang mau memunculkan percikan bunga api menjadi kecil sehingga pengapian tidak optimal.

2. Sudut Dwell Terlalu Besar

Sudut dwell terlalu besar mengambarkan bahawa celah kontak platina terlalu kecil. Apabila celah terlalu kecil maka arus yang mengalir ke kumparan primer koil akan lama. Durasi pedoman arus pada kumparan primer usang akan menciptakan terbentuknya induksi elektromagnet yang besar pada kumparan sekunder koil. Hal inilah yang mau menyebakan pengapian menjadi besar dan kuat.

Namun pedoman arus pada kumparan primer koil yang terlalu usang akan memunculkan banyak sekali permasalahan baru. Sebagai pola yakni terbakarnya kontak platina yang mau menganggu kinerja metode pengapian dan sanggup memunculkan kendaraan beroda empat menjadi mogok. Selain itu diperlukan penggantian kontak platina dengan durasi pemakaian yang lebih pendek sehingga akan menyedot isi kantong kalian.

Diatas ialah pembahasan tentang sudut dwell dan sudut pengapian. Pembahasan mulai dari pengertian sudut dwell, pengertian sudut pengapian, cara menjumlah sudut dwell dan sudut pengapian, serta pengaruh sudut dwell kepada pengapian

Related Posts

Posting Komentar