Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil - Fuel pump atau pompa materi bakar merupakan salah satu potongan penting pada metode materi bakar. Fuel pump ini sering terjadi kerusakan yang sanggup menyebabkan perfoma mesin menurun. Oleh alasannya itu perlu perawatan dan perbaikan mudah-mudahan kerja fuel pump tetap terjaga. Lalu bagaimana cara memperbaiki fuel pump mobil?
Apabila muncul kerusakan pada fuel pump, maka akan muncul banyak sekali gejala. Gejala kerusakan ini akan muncul tergantung dari kerusakan fuel pump. Tentunya, tanda-tanda kerusakan ini akan membuat ketidaknyamanan dikala berkendara. Untuk lebih lengkap perihal ciri atau tanda-tanda kerusakan fuel pump telah dibahas pada postingan sebelumnya.
Fuel pump sendiri berisikan dua jenis merupakan pompa mekanis dan elektris. Namun pada lazimnya untuk kendaraan beroda empat modern telah menggunakan pompa elektris. Didalamnya terdapat rangkaian kelistrikan yang riskan muncul kerusakan. Apalagi pompa ini biasanya ditaruh didalam tangki materi bakar. Oleh alasannya itu perlu mekanisme perbaikan yang sempurna mudah-mudahan fuelpump sanggup melakukan pekerjaan dengan baik.
Terdapat beberapa langkah perbaikan fuel pump. Mulai dari wiring harness, sirkuit kelistrikan, hingga ke motor pompa. Untuk lebih jelasnya perihal cara memperbaiki fuel pump mobil akan dibahas pada postingan berikut ini.
Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil
Ada beberapa langkah yang mesti dijalankan untuk menyelediki kerusakan fuel pump. Untuk lebih jelasnya berikut cara memperbaiki fuel pump mobil.
1. Pemeriksaan Relay Fuel Pump
Relay fuel pump merupakan salah satu elemen pada rangkaian pompa materi bakar yang berfungsi selaku saklar elektronik untuk mengalirkan arus listrik mudah-mudahan motor pompa materi bakar sanggup bekerja. Pemeriksaan relay pompa materi bakar sebenarnya sama menyerupai relay yang dipakai pada metode kelistrikan. Cara investigasi relay fuel pump yaitu
- Melepas relay dari soketnya
- Mengecek tahanan terminal 3 dan terminal 5. Hasil persyaratan merupakan 10 kilo Ohm atau lebih.
- Mengecek tahanan terminal 3 dan terminal 5 dengan penambahan catu daya pada terminal 1 dan 2. Hasil persyaratan merupakan dibawah 1 Ohm.
2. Pemeriksaan Wiring Harness Fuel Pump
Pompa materi bakar berisikan rangkaian kelistrikan yang memiliki wiring diagram tertentu. Wiring harness dari pompa materi bakar tergantung pada jenis mobil. Oleh alasannya setiap kendaraan memiliki wiring kelistrikan pompa materi bakar yang berbeda-beda.
Pada proses investigasi wiring harness terdapat banyak sekali pengecekan relasi dari setiap wiring harness kelistrikan pompa materi bakar. Pemeriksaan wiring harnes berisikan pengcekan adanya open circuit ataupun konsleting listrik. Untuk lebih jelasnya berikut investigasi wiring harness pompa materi bakar.
- Pemeriksaan relasi antara terminal FC1 (E10-22/konektor ECM) dengan Relay F/P (Terminal 1 Relay Fuel Pump). Hasil persyaratan merupakan sebesar di bawah 1 Ω
- Pemeriksaan relasi antara terminal FC1 (E10-22/konektor ECM) atau relay F/P (Terminal 1 Relay Fuel Pump) dengan Masa bodi. Hasil persyaratan merupakan sebesar 10 kΩ atau lebih.
- Pemeriksaan relasi antara terminal Relay F/P (terminal 5 relay fuel pump) dengan pompa materi bakar (terminal 3 motor pompa). Hasil persyaratan merupakan sebesar di bawah 1 Ω.
- Pemeriksaan relasi antara terminal 3 motor pompa dengan Masa bodi. Hasil persyaratan merupakan sebesar 10 kΩ atau lebih.
- Pemeriksaan relasi antara terminal 4 motor pompa dengan Masa bodi. Hasil persyaratan merupakan sebesar dibawah 1 Ohm.
2. Pemeriksaan Tahanan Fuel Pump
Pemeriksaan tahanan motor pompa mempunyai fungsi untuk mengenali kinerja dari motor pompa. Apabila tahanan terlalu besar tentunnya motor pompa akan berputar lambat dan menyebabkan banyak sekali perkara menyerupai keterlambatan suplai materi bakar dan tekanan materi bakar yang kurang. Hal ini pastinya sanggup mensugesti perfoma mesin.
Didalam motor pompa terdapat kumparan atau field coil yang memiliki tahanan tertentu. Adanya kotoran, korosi, dan lain sebagainya sanggup memperngaruhi besaran dari motor pompa. Oleh alasannya itu dikehendaki investigasi tahanan motor pompa. Untuk lebih jelasnya, berikut cara investigasi tahanan motor pompa.
- Melepaskan terminal fuel pump.
- Mengukur tahanan terminal 3 dan terminal 4. Hasil persyaratan sebesar 0,2 - 3,0 Ohm pada temperatur 20 derajat. Apabila ada perbedaan hasil maka dikehendaki penggantian motor pompa atau rotak pompa materi bakar.
Diatas merupakan beberapa mekanisme pemeriksaan fuel pump mobil. Terdapat beberapa cara memperbaiki fuel pump mobil yang sungguh gampang untuk dijalankan bahkan untuk orang awam sekalipun.
Posting Komentar
Posting Komentar